Potensi Inovasi Mahasiswa Terus Dikembangkan

0

Mataram (Suara NTB) – Biro Kemahasiswaan Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) menyelenggarakan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 di Aula Abdurrahim Unizar pada Senin 19 Februari 2024, Acara yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai fakultas di Unizar ini bertujuan untuk mengembangkan potensi kreatif dan inovatif mahasiswa serta membantu mereka sukses berkarya melalui PKM.

Rektor, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP., memberikan penekanan khusus kepada mahasiswa untuk memperhatikan materi yang akan disampaikan oleh narasumber, yakni Dr. Faturrahman, S.Pt., M.Si, pengelola PKM Universitas Mataram, dengan harapan agar mahasiswa dapat meraih kesuksesan dalam PKM tahun 2024.

Workshop ini juga dihadiri Ketua Senat Akademik, Dr. Drs. H. Sahar, SH., MM, dan Wakil Rektor I, Dr. Sri Karyati, SH., MH. Hadir juga dalam acara ini di antaranya Kepala Biro Kemahasiswaan, dr. Mirzaulin Leonaviri, S.Ked., dan para dekan di lingkungan Unizar.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif mereka dalam berbagai bidang. Workshop ini memberikan informasi penting tentang perubahan buku pedoman PKM 2024, termasuk durasi pelaksanaan, luaran yang diharapkan, dan aturan terkait penyusunan proposal dan rencana anggaran biaya.

Faturrahman mengajak mahasiswa untuk menggali potensi mereka dalam delapan bidang PKM, seperti Riset, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Penerapan Iptek, Karsa Cipta, Gagasan Futuristik Konstruktif, Gagasan Tertulis, dan Artikel Ilmiah. Namun, mereka juga diberi arahan tentang hal-hal yang tidak diperkenankan dalam menyusun rencana anggaran biaya, seperti pembelian alat/bahan yang melebihi batas tertentu dan pembayaran honorarium untuk tim dan narasumber.

Dengan acara ini, Unizar berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam mengeksplorasi kreativitas dan inovasi mereka, sehingga dapat menciptakan lulusan yang unggul, kompetitif, inovatif, dan berdaya saing dalam menghadapi tantangan masa depan. (ron)