Meski Sudah Meninggal, Caleg DPRD NTB Ini Masih Dapat Ribuan Suara untuk Golkar

0

Mataram (Suara NTB) – Meski sudah meninggal dunia, caleg partai Golkar di Dapil NTB 7 DPRD Provinsi, almarhum Lalu Satriawandi masih memberikan kontribusi suara cukup signifikan untuk partainya. Dari rekapitulasi suara sampai dengan saat ini, almarhum Lalu Satriawandi sementara ini telah mencatatkan perolehan suara sampai seribuan lebih.

Satriawandi diketahui meninggal dunia pada 12 November 2023 lalu. Ia meninggal setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) peserta pemilu 2024 oleh KPU, sehingga namanya masih tetap tercantum dalam surat suara sebagai caleg nomor urut 1 di partai Golkar Dapil NTB 7 kabupaten Lombok Tengah bagian utara.

Meninggalnya Satriawandi mendekati hari H pemungutan suara pemilu saat itu, cukup mengejutkan para pendukung dan juga rekan satu partainya. Sebab sebelumnya almarhum tidak memiliki riwayat sakit yang parah.

Satriawandi dikenal sebagai salah caleg yang memiliki basis masa pendukung militan, sehingga tidak heran meski ia sudah meninggal dunia, pada pemungutan suara 14 Februari lalu, pendukungnya tak mau mengalihkan dukungannya, tapi tetap mencoblos nama Satriawandi di surat suara pemilu.

Pantauan Suara NTB di Sirekap KPU pada Selasa, 20 Februari 2024, dengan data yang sudah masuk sebesar 64,57 persen. Satriawandi mencatatkan perolehan suara sementara sebanyak 1.639 suara. Suara Satriawandi tersebut bahkan mengalahkan 5 orang caleg lainnya.

“Suaranya tetap sah, tapi nanti itu akan dihitung jadi suaranya partai karena yang bersangkutan kan sudah meninggal dunia dan tidak memenuhi syarat. Sehingga kalau ada suaranya dia jadi milik partai,” ucap anggota KPU NTB, Zuriati.

Diketahui almarhum Satriawandi memiliki riwayat karier politik yang cukup mentereng. Ia tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi NTB dua periode, mulai periode 2014-2019 dan 2019-2024 lewat Daerah Pemilihan (Dapil) NTB 7, Lombok Tengah bagian Utara. Kehadiran Satriawandi cukup memberikan kontribusi besar kepada Partai Golkar, karena di Dapil 7 Golkar selalu dapat 2 kursi.

Karir politik Satriawandi di DPRD Provinsi NTB juga cukup melejit pada periode keduanya. Ia dipercaya menjadi Ketua fraksi partai Golkar di DPRD Provinsi NTB, dan juga Ketua Komisi II DPRD Provinsi NTB yang membidangi urusan perekonomian.

Sedangkan di partai pada kepemimpinan ketua DPD Golkar NTB sebelumnya saat dipegang H. M. Suhaili FT., Satriawandi dipercayakan sebagai Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) NTB. Selanjutnya pada kepemimpinan Ketua DPD Golkar NTB beralih ke H. Mohan Roliskana, Satriawandi dipercayakan sebagai Sekretaris DPD Golkar NTB.

Pada pemilu 2024 ini, Satriawandi kembali dicalonkan partainya untuk periode ke tiga sebagai anggota DPRD Provinsi NTB dari dapil NTB 7. Ia bahkan tercatat sebagai caleg nomor urut 1. Namun karena ia meninggal dunia pada pemilu 2024 ini, Golkar dipastikan hanya mendapatkan satu kursi di Dapil NTB 7 tersebut. (ndi)