Hasil Real Count Internal, PKS Klaim Amankan Tujuh Kursi DPRD Loteng

0

Praya (Suara NTB) – Sebanyak tujuh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) telah diamankan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 ini. Klaim tersebut didasarkan pada hasil real count internal yang dilakukan oleh PKS Loteng. Dengan progres input data sampai sejauh ini sudah lebih dari 98,8 persen.

Ketua Tim Pemenangan PKS Loteng, H. L. Akmalul Hakim, saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Sekretariat DPD PKS Loteng, Senin 19 Februari 2024, menjelaskan, rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan oleh pihaknya berdasarkan form C salinan yang diperoleh saksi PKS di semua TPS yang ada di Loteng, sebanyak 3.316 TPS. Sehingga pihaknya meyakini data perolehan suara yang ada bisa dipercaya.

“Kami melakukan real count berdasarkan form C salinan yang diperoleh dari semua TPS. Jadi hasil rekapitulasi perolehan suara sangat bisa dipercaya. Dan, dari hasil tabulasi yang kami lakukan PKS memperoleh tujuh kursi di DPRD Loteng,”tegasnya.

Pihaknya meyakini memperoleh tujuh kursi karena proses input data perolehan suara yang mendekati selesai dengan rata-rata sudah di atas 98 persen. Bahkan untuk daerah pemilihan (dapil) I (Praya-Praya Tengah) input data perolehan suara sudah 100 persen, sehingga tidak akan banyak terjadi pergeseran perolehan suara.

Ia menjelaskan, semua enam dapil di Loteng dipastikan terisi. Dengan dapil V (Jonggat-Pringgarata) PKS memperoleh dua kursi, sehingga berjumlah total tujuh kursi. Dan, dengan hasil tersebut PKS sangat optimis bisa mengamankan satu kursi unsur pimpinan di DPRD Loteng.

“Tapi meski sudah ada hasil real count internal, kami tetap akan menunggu proses rekapitulasi suara secara manual dan berjenjang yang dilakukan oleh KPU. Data perolehan suara ini nantinya akan digunakan untuk mengawal proses rekapitulasi manual oleh KPU. Sehingga ada data pembanding nantinya,” tandas Akmalul.

Pihaknya pun berharap penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU bersama jajarannya supaya menyelenggarakan rekapitulasi suara secara jujur, adil dan transparan. Guna menjaga kondusivitas wilayah pasca pemilu. PKS pun siap mengawasi dan mengawal berjalanya rekapitulasi supaya bisa berlangsung jujur, adil dan transparan.

“Dan, kepada segenap masayarakat Loteng kami menyampaikan apresiasi yang telah mempercayakan suaranya kepada PKS. Kami pun siap menjaga amanah yang diberikan masyarakat tersebut,”tutupnya. (kir)