Bawaslu Lobar Ancam Tindak Tegas Penyelenggara Mainkan Suara

0

Giri Menang (Suara NTB) – Ketua Bawaslu Lombok Barat (Lobar) Rizal Umami mengungkapkan potensi kecurangan yang bisa saja terjadi ketika para oknum calon anggota legislatif (caleg) bekerja sama dengan penyelenggara memainkan suara.

Hal ini ditegaskannya di sela-sela kunjungannya pada proses rekapitulasi di Kecamatan Kediri dan Narmada, akhir pekan kemarin.” Saya smash bagi penyelenggara yang berani memainkan suara caleg,” terang Rizal Umami.

Rizal keras memberikan instruksi kepada semua jajaran penyelenggara baik Panwascam sebagai organisasi yang menang melakukan pengawasan dan panitia pemungutan suara kecamatan (PPK) sebagai objek yang diawasi beserta oknum caleg dan tim sukses yang memiliki kepentingan di dalamnya.

” Jika mengacu pada aturan kami tegas melakukan pengawasan, pencegahan dan penindakan kepada siapapun baik penyelenggara dan masyarakat yang melakukan kecurangan” ungkap Aktivis Muhammadiyah ini.

Jika mengacu kepada undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pengawasan pemilu lanjut Rizal jelas dijabarkan kepada siapapun kontestan pemilu yang merasa dirugikan, maka segera melaporkan kecurangan atau apapun jenis kerugian dalam proses rekapitulasi tersebut, karena hanya itu ruang yang bisa diambil oleh peserta pemilu untuk menjaga integritas pemilu.

” Silakan dilaporkan dengan barang bukati yang ada dan Bawaslu berkewajiban melakukan proses penindakan jika memenuhi unsur,” ungkap Rizal.

Sementara itu, sekretaris KPU Lombok Barat Lalu Suherman, mengungkapkan jika proses rekapitulasi, saat ini sedang dilakukan penundaan, karena instruksi dari KPU RI. Namun kondisi masih aman terkendali. “Semua wilayah kecamatan di Lombok Barat aman terkendali sampai saat ini” terang Lalu Suherman.

Sementara itu, arahan dari KPU RI melalui KPU Provinsi bahwa akan dilakukan pembersihan data terhadap data ekstrem yaitu perbedaan gambar C. Hasil dengan angka di info pemilu mulai tanggal 18 sampai dengan 19 Februari 2024. (her)