Pemilu Lancar, Sekda KSB Sampaikan Terima Kasih ke Seluruh Masyarakat

0

Taliwang (Suara NTB) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat, H. Amar Nurmansyah, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat atas partisipasi dan kesadaran dalam menjaga kondusifitas sehingga Pemilu berlangsung lancar dan aman di Sumbawa Barat.

“Alhamdulillah kita seluruh masyarakat telah mengunakan hak konstitusi kita dalam Pemilu. Atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh masyarakat. Secara umum di Sumbawa Barat, Pemilu legislatif dan Pilpres aman, kondusif dan sampai hari ini tidak ada riak yang menonjol,” kata Sekda saat acara silaturahmi dengan Jamaah Masjid Miftahul Jannah, Lingkungan Semoan, Kelurahan Kuang, Taliwang, Jumat lalu.

Menurut Sekda, jika dibuat pembabakan rangkaian Pemilu. Tingkat kerawanan pelaksanaan pesta demokrasi itu puncaknya terjadi sehari dan sesudah kegiatan pemungutan suara. Pada masa 24 jam sebelum pencoblosan kata dia, bentuk kerawanannya dapat berupa upaya intimidasi mengarahkan pilihan masyarakat hingga praktik politik uang yang kemudian dapat memunculkan ketegangan antar pendukung.

Sementara 24 jam setelah pencoblosan, terkait dengan hasil perhitungan suara. Dimana kata Sekda, para calon legislatif saling klaim kemenangan berdasarkan hasil hitungnya masing-masing.

“Sebelum dan sesudah pencoblosan itu bentuk pemicu kerawanannya berbeda. Tapi apa pun itu berbahaya karena bisa menggangu keamanan daerah,” paparnya seraya menyampaikan, jika hal tersebut telah berhasil dilewati.

“Tapi kemudian itu tidak terjadi di tempat kita. Sampai hari ini masyarakat sudah seperti biasa lagi,” sambung Sekda.

Pasca pemungutan suara kata Sekda, masyarakat kini tinggal menunggu hasil perhitungan resmi yang dilalukan oleh KPU selaku lembaga penyenggara Pemilu. Apa pun hasilnya kemudian, Sekda meminta agar masyarakat menerimanya dengan lapang dada.

“Kalau presidennya bukan yang kita coblos yang menang. Percayalah itulah yang terbaik. Begitu juga dengan Calegnyanya, baik di pusat sampai daerah,” tukas Sekda.

Selain berhasil menjaga kondusifitas daerah, Sekda selanjutnya menyebut, bahwa masyarkat KSB saat ini memiliki kesadaran tinggi dalam politik. Setidaknya itu diakuinya dari tingkat partisipasi masyarakat di Pemilu kali ini yang terhitung tinggi. “Resminya dari KPU belum ada. Tapi informasinya tahun ini tingkat partisipasi kita lebih tinggi dari Pemilu sebelumnya,” katanya.

Dalam kesempatan silatrurahmi tersebut Sekda H. Amar Nurmansyah menyerahkan bantuan senilai Rp25 juta kepada pengurus masjid Miftahul Jannah. (bug)