Tinggi Animo Masyarakat Loteng Gunakan Hak Pilih, Wujud Kedewasaan Berpolitik

0

Praya (Suara NTB) – Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng) Dr. H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si., mengungkapkan animo masyarakat untuk menggunakan hak pilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tercatat cukup tinggi. Hal itu bisa dilihat dari tingkat kehadiran pemilih di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dikunjungi mencapai antara 70 sampai 80 persen. Ini menunjukkan, salah satunya masyarakat Loteng khususnya sudah dewasa dalam berpolitik.

“Dibeberapa TPS yang kita kunjungi bersama dengan tim terpadu dari Forkomipinda Loteng, rata-rata tingkat kehadiran pemilihnya ada yang 70 persen bahkan 80 persen,”ujar Wabup Loteng, Dr. H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si., kepada wartawan, Rabu, 14 Februari 2024.

Usai menggunakan hak pilihnya di TPS 03 Desa Batujai, Wabup Loteng bersama rombongan melakukan pemantauan langsung pelaksaan pemungutan suara. Dimulai dari TPS 9 Desa Penujak, kemudian ke TPS 10 Montong Ajan dan 16 Desa Ubung, Jonggat. Selepas itu rombongan menuju ke TPS 10 Desa Sintung dan TPS 10 Desa Aik Darek. Terakhir di TPS 23 Desa Aik Berik.

Pantauan yang sama juga dilakukan Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP.M.AP., di enam TPS di enam kecamatan lainnya. “Alhamdulillah, selain animo yang tinggi untuk menggunakan hak pilih, masyarakat juga sangat tertib ketika ataupun setelah menggunakan hak pilihnya,” ujar Nursiah.

Sehingga secara umum, pelaksanaan pemungutan suara pemilu tahun ini di Loteng berjalan aman dan lancar. Tanpa ada gangguan apapun sampai sejauh ini. Ini bukti masyarakat Loteng sudah sangat paham dalam berpolitik. Masyarakat juga sangat terbiasa dengan proses pemilu yang ada.

“Soal siapa yang memang itu biasa dalam politik. Itulah pilihan terbaik masyarakat,” terangnya. Terpenting semua tahapan pemilu bisa berjalan aman dan lancar. Kondusifitas daerah pun bisa tetap terjaga.

Menang Mutlak

Sementara itu, di TPS 03 Desa Batujai tempat Wabup Loteng menggunakan hak pilihnya, pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran, berhasil menang dengan mutlak. Pasangan nomor urut 2 tersebut mengumpulkan 135 suara. Unggul jauh dari pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies-Cak Imin (AMIN) yang hanya mengumpulkan 64 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud hanyak kebagian 5 suara. Dengan satu dua dinyatakan batal. “Soal hasil ini, kembali lagi itu pilihan terbaik masyarakat. Harus kita hormati sebagai sebuah pilihan politik,” tegas Sekretaris DPD II Partai Golkar Loteng ini. (kir)