Sekolah Undang Orang Tua Siswa Sosialisasikan Jalur Masuk PTN

0
Salah satu kegiatan SMAN 5 Mataram dalam rangka sosialisasi jalur masuk perguruan tinggi negeri.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 5 Mataram mengundang orang tua wali dari kelas XII dalam rangka silaturrahmi dan Sosialissi Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pertemuan yang dibagi menjadi dua sesi ini dihadiri oleh kepala sekolah, komite sekolah, semua wakil kepala sekolah, dan wali dkelas dari XII. Serta dihadiri orangtua siswa kelas XII MIPA/IPS di Aula SMAN 5 Mataram, Sabtu, 3 Februari 2024.

Orang tua/wali dari siswa kelas XII diundang mengingat kelulusan anak mereka yang sebentar lagi, juga memasuki perguruan tinggi. Pada kesempatan itu, diberikan kesempatan bertanya secara terbuka terkait alur seleski masuk perguruan tinggi.

Sesi pertama untuk kelas MIPA pada pukul 08.30. sampai 10.30, sedangkan pada sesi 2 untuk kelas IPS pada pukul 11.00 sampai pukul 12.00 Wita. Kepala SMAN 5 Mataram, Siti Nurhani menjelaskan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan bagian dari ikhtiar SMAN 5 Mataram untuk sukses SNBP. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk para siswa yang masuk dalam 40% perangkingan rapor mulai semester satu hingga semester lima dari jumlah keseluruhan siswa kelas XII khususnya, dan pada umumnya semua kelas XII

Siti Nurhani meminta para orang tua/wali siswa kelas XII untuk bersyukur atas kesempatan yang didapat oleh siswa. Nurhani meminta kepada orang tua/wali siswa kelas XII untuk terus menjalin komunikasi kepada putra putrinya agar tidak terjadi perbedaan pendapat dan keinginan. “Kami mengimbau agar pilihan jurusan tidak hanya disesuaikan dengan keinginan, tetapi juga sesuai nilai dan kemampuan yang dimiliki siswa,” sarannya.

Berdasarkan jadwal yang sudah dirilis dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Registrasi Akun Sekolah: 08 Januari – 08 Februari 2024, Registrasi Akun Siswa: 08 Januari – 15 Februari 2024, Pengisian PDSS: 09 Januari – 09 Februari 2024, Pendaftaran SNBP: 14 – 28 Februari 2024, dan Pengumuman Hasil SNBP: 26 Maret 2024.

Bidang koordinator PDSS, Haji Novian Maududi, juga menyampaikan hal yang sama. “Kesempatan tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal, karena banyak keuntungan yang dimiliki oleh siswa yang diterima di PTN melalui program SNBP. Sekolah sudah menyiapkan rangkaian kegiatan demi kesuksesan program SNBP tahun 2024,” ungkapnya.

Bahkan Koordinator Bimbingan Konseling, Hj Nurul Huda, menyampaikan tim bimbingan konseling siap melakukan konseling penjurusan siswa yang terdaftar 40% untuk memilih mendaftar SNBP. “Jadwal konseling akan kami berikan minggu depan, dan memang sudah ada beberapa siswa yang sudah mulai melakukan konseling,” ujarnya. (ron)