NTB Siap Gelar Pemilu dengan Aman, Forkopimda NTB Gelar Rakor Bahas Dinamika Sosial Politik Terkini

0
Pj Gubernur NTB, H.Lalu Gita Ariadi, bersama Forkopimda Provinsi saat memberi keterangan pers usai menggelar Rakor guna membahas dinamika sosial politik terkini jelang Pemilu Senin, 12 Februari 2024.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs H.Lalu Gita Ariadi, M.Si, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi, Kabupaten/ Kota se NTB guna membahas dinamika sosial politik terkini dan ancaman, tantangan, hambatan, serta gangguan pada Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Provinsi NTB yang berlangsung di Pendopo Gubernur, Senin, 12 Februari 2024.

Pj. Gubernur NTB, Drs H.Lalu Gita Ariadi, M.Si mengatakan, salah satu poin penting dari Rakor itu adalah bahwa Provinsi NTB telah siap melaksanakan Pemilu tanggal 14 Februari besok dengan aman dan tetap melakukan komunikasi dan koordinasi antar Forkopimda untuk kelancaran proses pesta demokrasi.

“Kesimpulannya kita siap untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024,” kata Lalu Gita Ariadi saat berbicara kepada media usai melaksanakan Rakor tersebut.

Ia mengatakan, dalam Rakor itu  dibahas sejumlah kendala yang berpotensi membuat pelaksanaan Pemilu mengalami gangguan, misalnya yang terkait dengan cuaca, transportasi dan lain sebagainya. Pemprov NTB telah memenginstruksikan kepada jajarannya seperti Dinas PUPR, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan OPD lainnya untuk bersiap siaga mensukseskan Pemilu.

“Dinas Perhubungan kami minta membantu mendistribusikan logistik di pulau-pulau terluar dan mungkin ada gangguan cuaca di sana,” ujarnya.

Posko Kesehatan untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu juga menjadi atensi Menteri Kesehatan RI. Untuk Pemprov NTB sendiri, semua tim kesehatan siap memberikan dukungan, baik kepada penyelenggara pemilu maupun kepada masyarakat. Puskesmas yang tersebar di seluruh NTB sudah diinstruksikan untuk memberi perhatian penuh pada penyelenggaraan Pemilu ini.

‘’14 Februari kita sama-sama menyambutnya dengan riang gembira. Hati tenang, masyarakat datang ke TPS-TPS memberikan hak suaranya dengan riang gembira dan penuh persaudaraan,’’ ujar Gita.

Ia menegaskan, jika muncul dugaan kecurangan Pemilu, ia mengajak semua masyarakat NTB untuk melakukan pengawalan secara bersama-sama. Penyelenggara Pemilu, pemerintah daerah dan aparat penegak hukum sedang bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing secara profesional.

“KPU, Bawaslu, Ibu Ketua DPRD tadi memberikan pesan-pesan khusus  untuk melancarkan Pemilu, begitu juga Kajati bagaimana Sentra Gakkumdu bekerja, sudah memberikan jalur-jalur fasilitas mekanisme kalau masyarakat merasa kepentingannya terganggu atau menemukan fakta-fakta lapangan,” katanya.(ris)