KPU Lotim Pastikan Semua Logistik Pemilu Terdistribusi di 4.010 TPS

0
Distribusi logistik pemilu di Lotim, Senin, 12 Februari 2024 (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Sehari menjelang Hari Pungut Hitung, Rabu, 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim) memastikan semua logistik pemilu sudah terdistribusi ke 4.010 tempat pemungutan suara (TPS) di 254 desa dan kelurahan dan 21 kecamatan se Kabupaten Lotim.

Ketua KPU Lotim, Dr. M. Junaidi saat dikonfirmasi, Senin, 12 Februari 2024, menjelaskan, laporan terakhir pada Senin kemarin, distribusi baru mencapai 80,79 persen atau menyasar 17 kecamatan dari 21 kecamatan se Kabupaten Lotim. Sisanya yang belum Kecamatan Suralaga, Sukamulia, Labuhan Haji, dan Selong. Target pendistribusian logistik berupa surat suara dan lainnya ini tuntas sampai ke kecamatan per tanggal 12 Februari 2024, sehingga pada tanggal 13 Februari 2024, semua sudah ada di TPS.

KPU Lotim juga memastikan proses distribusi berjalan lancar dan aman. Diakui, ada kejadian saat pendistribusian ke Sembalun. Terdapat 21 kotak suara dilaporkan dalam kondisi basah. Proses pendistribusian surat suara ke Sembalun ini dilakukan pada Jumat, 9 Februari 2024 lalu.

Dilaporkan, terdapat 5 kotak suara calon presiden-wakil presiden, 4 kotak suara calon DPR RI, 5 kotak suara calon DPRD NTB, dan 7 kotak suara calon DPRD Lotim yang terkena air hujan. Kerusakan cukup parah terjadi pada kotak suara calon presiden-wakil presiden, calon DPR RI, dan caleg DPRD NTB.

Terhadap kejadian tersebut, ketua KPU Lotim Junaidi, menyatakan ada kelalaian prosedur keamanan dalam penyaluran logistik Pemilu tersebut. Truk yang sudah tertutup terpal masih ada celah air masuk. Namun, semua surat surat yang rusak tersebut sudah diganti.

Pendistribusian logistik surat suara pemilu ini dilaksanakan secara swakelola. Ketua KPU Lotim ini mengaku sudah mengingatkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) agar lebih teliti, karena proses pendistribusian surat suara ini bertepatan dengan musim hujan, diminta menggunakan terpal lebih tebal. “Kita minta agar memasang atap lapis terpal tiga sampai empat lapis,” ucapnya.

Awalnya direncanakan menggunakan mobil kotak kapasitas 120 box. Akan tetapi karena terbatasnya waktu sehingga terlambat mencari angkutan tersebut.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lotim, Suaidi Mahsun telah atensi kasus kelalaian dalam pendistribusian logistik tersebut. Bawaslu yang merekomendasikan untuk segera dilakukan penggantian. Terdapat 355 kotak logistik diangkut menggunakan truk beratap terpal. Logistik ke Sembalun ini diguyur hujan saat dalam perjalanan. (rus)