Jelang Hari Pencoblosan, 15.332 Pemilih Pemula Belum Punya KTP

0
Kegiatan perekaman KTP El di kantor UPT Dukcapi Selong.(Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Data terakhir dirilis pusat melalui Pengelolaan Data Administrasi Kependudukan (PDAK)  pada awal Februari 2024 di mana jumlah total pemilih pemula di Kabupaten Lombok Timur sebanyak 41.906 orang. Dari jumlah itu yang sudah perekaman KTP Elektronik (KTP El) sebanyak 26.574 dan tersisa 15.332 orang.

Demikian dikemukakan Sekdis Dukcapil, Arpani Masani saat dikonfirmasi, Senin, 12 Februari 2024. Berdasarkan informasi dari bidang SIAK yang mengolah data bahwa pusat merilis data secara periodik. Hingga Senin kemarin belum ada laporan data periodik. Namun, berdasarkan rekap manual yang dilakukan Bidang SIAK yang mengacu progres layanan adminduk per hari, estimasi pemilih pemula tersisa 7 ribuan orang.

Sekdis Dukcapil mengatakan pihaknya terus menggencarkan program Kipas Dukcapil (Kegiatan inovasi pelayanan adminduk di Sekolah) ke SMA/SMK/MA. Kegiatan ini masih tetap dilaksanakan. Sebagai prioritas ke sekolah di mana sesuai data sebaran pemilih pemula 70 persen ada di sekolah.

Dukcapil melakukan penjadwalan dan pengaturan kerja efektif pada unit pelaksana teknis (UPT) Dukcapil untuk melakukan perekaman pemilih pemula. Layanan juga dilaksanakan di luar hari kerja. Termasuk hari libur dan hari H Pemilu tetap Dukcapil masuk kerja.

“Pada Hari pencoblosan Disdukcapil tetap melaksanakan pelayanan adminduk untuk mengurai permasalahan dokumen kependudukan bagi pemilih,” ucapnya.

Dukcapil memastikan semua pemilih dapat menggunakan hak pilihnya sesuai surat Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Nomor 400.8.1.2/1737/Dukcapil tanggal 10 Februari 2024 Perihal Penggunaan Dokumen Biodata Penduduk WNI pada Pemilu Tahun 2024. Selain KTP El, ada  alternatif lain yakni fotocopy KTP, foto KTP dan IKD. Dirjen Dukcapil juga telah menginstruksikan penggunaan dokumen biodata penduduk WNI yang dapat digunakan dalam proses pemungutan suara

Dukcapil terus berkoordinasi dengan pemdes/kelurahan dan PPS Desa/Kelurahan untuk mendukung perekaman dan pencetakan KTP el bagi pemilih terutam pemilih pemula pada sisa waktu tersisa. (rus)