Desa Seruni Mumbul Kembali Diterjang Banjir

0

Selong (Suara NTB) – Desa Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya, diterjang banjir, sekitar pukul 13.00 Wita, Senin, 12 Januari 2024 siang. Dua dusun dengan 400 Kepala Keluarga (KK) terkena dampak.

“Yang parah puluhan rumah terdampak dengan genangan air setinggi lutut orang dewasa,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Lalu Mulyadi saat dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya.

Hingga pukul 17.00 Wita, kemarin, air sungai yang meluap ini sudah mulai surut. Tidak ada korban jiwa pada kasus ini. Meski begitu, musibah ini tetap menjadi atensi serius Pemkab Lotim.

Lalu Mulyadi mengatakan, banjir disebabkan intensitas curah hujan yang turun pada saat itu cukup tinggi. Akibatnya, air Sungai Mumbul meluap ke pemukiman warga.

Desa Seruni Mumbul diakui kerap terjadi banjir. Mengatasi hal ini, BPBD Lotim siap akan hadirkan solusi jangka panjang sehingga banjir tidak kembali terulang. Intensitas hujan di pegunungan ini perlu diantisipasi. Saluran air sungai diatas coba dilakukan aliran pemisah, sehingga bisa mengurai aliran air dan tidak sampai meluap ke permukiman warga.

Sebelumnya ada Desa Gunung Malang yang pernah mengalami banjir. Penyebab banjir di Gunung Malang  ini sudah bisa teratasi. “Kita akan tangani banjir Seruni Mumbul ini seperti di Gunung Malang,” demikian. (rus)