Area Timur Kawasan The Mandalika Dihijaukan

0
Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP.M.AP., memimpin aksi penanam pohon di area timur kawasan The Mandalika, Sabtu, 10 Februari 2024. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Upaya menghijaukan kawasan The Mandalika di area timur kawasan mulai dilakukan. Ditandai dengan aksi penanaman pohon yang dipimpin langsung Bupati Lombok Tengah (Loteng), H.L. Pathul Bahri, S.IP.M.AP., Sabtu, 10 Februari 2024. Ratusan pohon ditanam mulai dari pintu masuk gerbang timur hingga menuju kawasan Pantai Tanjung Aan, pada kegiatan bertajuk sedekah oksigen untuk Mandalika tersebut.

Digagas oleh Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) bekerjasama dengan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan The Mandalika, berbagai elemen turut terlibat dalam aksi tersebut. Di antaranya Portir Internasional Indonesia, Duta Lingkungan NTB, masyarakat dan perangkat desa lingkar kawasan The Mandalika serta para karyawan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Loteng.

“Aksi ini sebagai wujud kolaborasi dan sinergi semua pihak dalam mendukung pengembangan kawasan The Mandalika,” terang Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP.M.AP.

Ia pun memberikan apresiasi khusus, terutama kepada PWLT yang telah menginisiasi kegiatan tersebut dan, berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan secara masif ke depannya. Tidak hanya sebagai bagian dari upaya konservasi dan penyelamatan lingkungan. Tetapi juga bisa menjadikan kawasan The Mandalika menjadi kawasan yang hijau dan tentunya nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Dari aspek lingkungan kata Pathul, kawasan The Mandalika memainkan peran penting dalam upaya menjaga keseimbangan lingkungan di sekitar kawasan. Untuk itu, penting menjadikan kawasan The Mandalika menjadi kawasan yang hijau dan rimbun dengan banyak pepohonan. Sekaligus menjaga kawasan The Mandalika dalam potensi bahaya kerusakan lingkungan.

Terpisah, General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengatakan aksu penghijauan tersebut salah satu langkah ini untuk menjadikan kawasan The Mandalika sebagai sustainable tourism di NTB. Yang mengintegrasikan konsep green tourism dalam setiap aspek pengelolaan kawasan wisatanya. Pihaknya mendukung dan mengajak stakeholders dan masyarakat sekitar untuk berkontribusi aktif dan positif dalam memastikan kelestarian lingkungan kawasan The Mandalika. Agar tetap terjaga dan berkelanjutan.

Ketua panitia pelaksana Samsul Hadi menambahkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT PWLT ke 8 yang dirangkaian juga dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024. “Kegiatan ini adalah wujud komitmen jurnalis di Lombok Tengah untuk mendukung pengembangan KEK Mandalika,” ujarnya. (kir)