Prof. Din Syamsuddin Dukung Bupati KSB Maju Pilgub NTB

0
Prof. Din Syamsuddin berbincang santai dengan bupati KSB, H. W. Musyafirin.

Sumbawa (Suara NTB) – Tokoh Muhammadiyah, Prof. K.H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Ph.D., mendukung Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM., untuk maju di Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur NTB tahun 2024 ini.

“Saya mendukung Doktor Musyafirin untuk maju ke kepemimpinan Nusa Tenggara Barat. Dan mungkin yang realistis menjadi calon wakil gubernur,” cetus Prof. Din Syamsuddin, kepada wartawan usai bertemu dengan HW Musyafirin di Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sumbawa Besar, Rabu, 7 Februari 2024.

Ada beberapa alasan bagi Prof. Din mengganggap Bupati Sumbawa Barat ini realistis maju pada kontestasi Pilgub NTB. Menurut dia, H. Musyafirin memiliki rekam jejak kepemimpinan yang mumpuni. Ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang telah dicapai selama memimpin KSB dalam 10 tahun terakhir. “Saya mengetahui, beliau seorang bupati yang berintegritas, punya kapasitas dan telah berhasil memimpin KSB hingga dua periode. Jadi beliau punya kapasitas mumpuni untuk menjadi wakil rakyat Tana Samawa (di kepemimpinan NTB),” urainya.

Mengenai peluang, Prof. Din pun mengaku Doktor Musyafirin punya kans lebih besar. Saat ini kata dia, bupati KSB dua periode itu menjadi figur politisi asal Pulau Sumbawa yang paling siap maju ke Pilkada NTB. Selain itu daya dukung partai yang menaunginya, yakni PDI Perjuangan adalah partai besar baik nasional maupun di daerah. “Beliau juga kan tercatat sebagai pengurus NU (Nahdlatul Ulama), ormas keagamaan terbesar di Indonesia,” katanya.

Nama Doktor Musyafirin dalam beberapa waktu terakhir sebenarnya sudah mulai digaungkan untuk dapat maju di Pilkada NTB tahun 2024. Setidaknya suara itu awal dimunculkan di internal PDIP sendiri, partai bupati KSB kedua itu. Dalam dua forum resmi partai yang dihelat PDIP NTB, nama Doktor Musyafirin disuarakan para kader partai berlambang banteng itu. Pertama saat Rapat Koordinasi Daerah DPD PDIP NTB yang dihadiri Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Mataram pada 5 Nopember 2023 lalu. Dan kedua mencuat di rapat Kerja Koordinasi Pemenangan Pemilu dan Pilpres PDIP se-Pulau Sumbawa yang dihadiri Ketua DPD PDIP NTB, H. Rachmad Hidayat di Sumbawa Besar, Desember 2023 lalu.

Sebagai kader partai, Doktor Musyafirin dari sisi karier politik memang sudah layak diajukan oleh PDIP maju bertarung di Pilkada NTB. Pasalnya, ia pada 2025 mendatang telah menyelesaikan masa jabatannya bupatinya di KSB selama 10 tahun, yang artinya Doktor Musyafirin tidak dapat lagi dicalonkan kembali sebagai kepala daerah di tanah Pariri Lema Bariri.

Sementara berbicara prestasi di internal partai, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) KSB itu pun bisa dibilang cemerlang. Ini dibuktikan sejak bergabungnya ia sebagai kader partai, PDI KSB bisa menjadi pemenang Pemilu di 2019 lalu. Di mana PDIP berhasil meraih 5 kursi dari total 25 kursi DPRD KSB. Perolehan itu sekaligus menempatkan PDIP di pucuk pimpinan lembaga legislatif tersebut. (bug)