Disperin NTB Perkuat Lokomotif Industri Pengolahan Pangan

0
Kegiatan pelatihan teknis produksi dan pengemasan. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Perindustrian Provinsi NTB terus mempersiapkan lokomotif industri dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif. Puluhan pelaku industri kecil menengah (IKM) diberikan bimbingan teknis CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik) dan pengemasan.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 6-8 Februari 2024, di Hotel Lombok Plaza. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan industri lokal dan mendukung pertumbuhan sektor produksi di Provinsi NTB. Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti., SE., ME menyampaikan, bimbingan teknis ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing industri NTB.

Pelatihan ini melibatkan para ahli industri yang akan memberikan wawasan mendalam tentang teknik produksi dan pengemasan terkini. Nuryanti menambahkan, output bimbingan teknis ini adalah persiapan pelaku IKM yang akan menjadi loyal konsumen dari Balai Kemasan. “Nantinya, kalau usaha beliau-beliau bagus, maka PAD meningkat.  Targetnya  usai lauching Balai Kemasan baru, langsung berorientasi dengan pelanggan-pelanggan yang juga disiapkan,” tambahnya.

Pemerintah daerah berharap bahwa melalui pelatihan ini, para peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi produksi dan menciptakan produk berkualitas tinggi. Dengan demikian, diharapkan industri lokal dapat bersaing lebih baik di pasar global.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah NTB dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dan penciptaan lapangan kerja. Disperin menjadi penggerak, mengajak semua pihak terlibat untuk aktif mengambil manfaat dari pelatihan ini dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam aktivitas sehari-hari,” demikian Nuryanti. (bul)