Pubah Unram Kembangkan Platform Inovatif untuk Pengajaran Bahasa

0
Kegiatan Tutor’s Tell yang dilaksanakan UPA Bahasa Universitas Mataram (Pubah Unram) pada pekan lalu.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – UPA Bahasa Universitas Mataram (Pubah Unram) mengumumkan inisiatif baru untuk tahun 2024, yakni Tutor’s Tell. Agenda Tutor’s Tell kedua telah dilaksanakan di Ruang Tutor Pubah Unram pada pekan lalu.

Tutor’s Tell merupakan agenda bulanan yang dirancang sebagai wadah bagi para tutor bahasa di Pubah Unram untuk saling berbagi pengalaman terkait pemanfaatan teknologi, peningkatan metode pengajaran, dan informasi penting lainnya. Selain sebagai forum berbagi informasi, kegiatan ini bertujuan untuk terus mendorong para tutor untuk meningkatkan keterampilan mereka dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang relevan dalam pengajaran bahasa.

Pada kesempatan itu ada empat tutor, yakni Selma, Yudha, Mustofa, dan Anugerah yang mempresentasikan mengenai aplikasi Bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk membantu siswa dalam memahami dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Selma memperkenalkan aplikasi Cathoven (aplikasi AI yang berfokus pada reading), TalkPal (aplikasi AI yang menawarkan pengalaman belajar bersama suara realistik serasa berbicara dengan native), dan WordHippo (kamus). Yudha mempresentasikan mengenai phonological awareness dan soundbeginning, membahas relevansinya dengan kemampuan untuk mengenali kata dan pembentukan suara, serta bagaimana pengaruhnya terhadap individu yang terekspos Bahasa Inggris.

Setelah itu, Mustofa mengajak para tutor bermain permainan Bahasa Inggris dengan memanfaatkan Kahoot.it. Terakhir, Anugerah yang memperkenalkan aplikasi Diffit yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca.

“Sesi Tutor’s Tell terbukti informatif dan menarik, mencerminkan komitmen Pubah Unram dalam mengembangkan kualitas pengajaran bahasa sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi para siswa. Tetap pantau untuk mendapatkan pembaruan lebih lanjut mengenai inisiatif dan kegiatan menarik lainnya dari Pubah Unram,” ujar Anugerah. (ron)