Dies Natalis 43, Meneguhkan Pengabdian untuk Negeri dengan Spirit Entrepeneurial University

0

Malang (suarantb.com) – Universitas Islam Malang genap berusia 43 tahun pada 2024 ini. Pada pembukaan dies natalis ke-43 pada Sabtu, 3 Februari 2024, Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyebutkan tema tahun ini adalah ”Meneguhkan Pengabdian untuk Negeri dengan Spirit Entrepreneurial University Menuju World Class University.”

Rektor Unisma, Prof Maskuri, menyebut bahwa tema utama dies natalies ini selaras dengan milestone kampus sebagai entrepreneurial univeristy. Menjadi wujud sumbangsih Unisma terhadap bangsa dan negara dalam konteks hilirisasi hasil-hasil riset dan pengabdian.
“Sehingga meghasilkan produk-produk yang konkrit. Unisma bahkan tengah bersiap untuk menyelenggarakan diklat startup sesuai dengan peminatan seribu mahasiswanya,” ujarnya.

Dalam diklat itu, para mahasiswa yang mendaftar telah dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok berbeda sesuai dengan peminatan mereka. Misal, kuliner, AI, konsultan, dan sebagainya.

Prof Maskuri menambahkan, juga terdapat 40 rangkaian acara lainnya dalam menyambut dies natalis. Program lain juga sudah mulai disiapkan, salah satunya merancang kurikulum tentang entrepreneur university.

Selain itu, langkah strategis lainnya dalam memulai milestone tersebut yakni dengan menggelar pameran produk entrepreneur, menghadirkan kurikulum berbasis entrepreneur.
Membangun kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, menghadirkan dosen praktisi untuk berbagi kisah keberhasilannya. “Bahkan di Kebonagung, kita sudah letakkan batu pertama pembangunan industri air mineral dan minuman berasa,” sambungnya.

Sehingga, yang menjadi fokus utama ialah pengembangan jiwa entrepreneurial, bukan pada produk-produk berupa benda. ”Jadi berbagai macam bidang termasuk green economy itu masuk menjadi bagian entrepreneur university. Kami kembangkan dan bangun jiwa enterpreneur agar sivitas akademika memahami makna tersebut,” tutupnya. (r/*)