Resmi Dilantik, Komisioner KPU Mataram dan Loteng Diminta Memimpin dengan Keteladanan

0
Komisioner KPU Kota Mataram periode 2024-2029 usai dilantik Ketua KPU RI, Sabtu, 3 Februari 2024.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Komisioner KPU Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah periode 2024-2029 resmi dilantik oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, di Kantor KPU RI, di Jakarta Pusat pada Sabtu, 3 Februari 2024. Anggota KPU baru tersebut diminta menjaga teguh integritas penyelenggara pemilu dan bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Kepada anggota KPU Kabupaten Kota yang sudah dilantik senantiasa membaca berbagai macam peraturan perundangan-undangan yang mengatur tentang kepemiluan sebagai pedoman dalam bekerja. Sehingga walau ada tekanan dan godaan yang mengajak menyimpang, kita tetap berpegang kokoh pada peraturan perundang-undangan tersebut,” ujar Hasyim Asy’ari dalam pengarahannya usai pelantikan.

Pada kesempatan itu juga Ketua KPU RI berpesan agar komisioner baru mengenali dengan baik karakter kelembagaan KPU yang bersifat nasional, tetap dan mandiri. Karena bersifat nasional, maka KPU secara struktur bersifat hirarkis. “Maka laksanakan apa yang ditugaskan oleh KPU pusat. Jangan main pencak silat, main sendiri. Jika ada hal yang masih ragu-ragu, konsultasikan sehingga tidak salah dalam melangkah,” tegas Hasyim.

Mengingat hari H pemungutan suara pemilu pada 14 Februari tinggal menghitung hari. Hasyim meminta kepada para anggota KPU kabupaten/kota yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan ritme kerja KPU pada satker masing-masing. “Saya ingatkan KPU itu bekerja sepenuh waktu, tanpa libur. Kerja kita 24 jam,” tegasnya.

Terakhir, dalam sambutannya Ketua KPU RI mengingatkan posisi dan tanggung jawab KPU sebagai  pemimpin kepemiluan pada masing-masing tingkatan. Anggota KPU kabupaten/kota adalah pemimpin kepemiluan di kabupaten/kota. Karena itu Komisioner baru harus mampu menunjukkan sikap kepemimpinan yang baik kepada jajaran di bawah.

“Kepemimpinan Pemilu yang paling efektif adalah keteladan. Jika keteladan dilaksanakan oleh anggota KPU kabupaten/kota, Insya Allah proses dan hasil Pemilu akan terjaga integritasnya. Bangun komunikasi dan koordinasi yang kuat serta efektif dengan jajaran Komisioner, sekretariat dan stakeholder,” pesannya.

Adapun komisioner KPU Kota Mataram periode 2024-2029 yang telah dilantik tersebut adalah, Edy Putrawan yang juga sekaligus menjadi Ketua. Kemudian anggota-anggota terdiri dari Muslih Syuaib yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM. Kemudian Sulfiani Ariyanti yang membidangi Divisi Teknis Penyelenggaraan. A. Naufal Rochmatullah sebagai divisi Divisi Hukum dan Pengawasan dan Dwi Ratnasari Yulianingsih yang membidangi Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi.

Sementara anggota KPU Kabupaten Lombok Tengah Ketua, Hendri Harliawan, dan anggota-anggota Aziz Muslim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM, Rizal Sopian Pratama sebagai Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi; Muhammad Jafar Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Divisi Hukum dan Pengawasan L. Sopan Tirta Kusuma.

Sementara itu anggota KPU Provinsi NTB, Agus Hilman menambahkan bahwa pergantian komisioner KPU Kota Mataram dan Loteng tersebut terjadi beberapa hari jelang pemungutan suara. Maka ia berpesan pada Komisioner terpilih agar lebih cepat melakukan adaptasi. Selain dengan internal, ia juga meminta segera melakukan koordinasi dan komunikasi kelembagaan dengan mitra utama penyelenggaraan Pemilu seperti Badan Pengawas Pemilu dan lembaga-lembaga penopang lain seperti TNI/Polri dan sebagainya.

“Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik. Setelah dilantik agar langsung bekerja mengawal tahapan dan segera menyesuaikan dengan seluruh jajaran di satker masing-masing. Tetap selalu menjaga integritas dan profesionalitas. Harus cepat melakukan adaptasi dengan semua stakeholder. Karena dengan waktu pelaksanaan pemilu itu sangat pendek sekali jaraknya, tidak ada waktu lagi buat berleha-leha. Begitu mereka masuk langsung dihadapkan dengan tahapan krusial,” ujarnya. (ndi)