Diskominfotik NTB Sosialisasi Literasi Digital di Sekolah

0
Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan sosialisasi literasi digital di SD se-Desa Sajang, Jumat 2 Februari 2024 kemarin.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Rangkaian Program Jumat Salam seri ke-12, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan sosialisasi literasi digital di SD se-Desa Sajang.

Puluhan siswa dari berbagai SD se-Desa Sajang turut serta dalam kegiatan tersebut. Literasi digital ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang penggunaan teknologi digital secara positif dan aman.

Tim dari Diskominfotik NTB menyampaikan materi tentang literasi digital, kecakapan menggunakan media sosial, etika dalam menggunakan media sosial dan internet, serta cara menggunakan teknologi secara bijak.

“Melalui Program Jumat Salam, kami berupaya membawa literasi digital langsung ke sekolah-sekolah. Kami ingin memberikan bekal pengetahuan kepada generasi muda, agar mereka dapat menghadapi tantangan di era digital dengan bijaksana,” kata Kepala Diskominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, MM di SDN 1 Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur 2 Februari 2024 kemarin.

Kegiatan tersebut melibatkan siswa, dan guru untuk turut serta dalam sosialisasi ini. Diskominfotik NTB memberikan sosialisasi dan pedoman bagi siswa siswi dalam menggunakan media sosial.

Kepala SDN 1 Sajang Hj. Sumiatun mengaku bersyukur atas kedatangan Diskominfotik NTB yang memberikan literasi digital untuk anak-anak didiknya.

Kepala Sekolah menyatakan di SDN 1 Sajang masih kekurangan tenaga pengajar. Harapannya dengan kekurangan guru yang disampaikan ke Diskominfotik NTB ini dapat di sampaikan ke Pemprov NTB.

“Kami bersyukur atas kedatangan Diskominfotik NTB, memberikan literasi digital untuk anak-anak didik kami, dan disini kami masih kekurangan tenaga pengajar. Semoga bisa di bantu untuk dikomunikasikan,” ujarnya.

Sosialisasi literasi digital di sekolah dasar se-Desa Sajang itu menjadi salah satu upaya pemerintah NTB, untuk menyebarkan pengetahuan teknologi ke berbagai lapisan masyarakat, terutama generasi muda. Program serupa diharapkan dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah lain di wilayah NTB. (r)