Mahasiswa KKN PMD UNRAM Tanam Varietas Rumput Pakan Ternak Unggulan di Desa Rembitan

0

Praya (Suara NTB) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Universitas Mataram (KKN-PMD UNRAM) telah melaksanakan kegiatan penanaman 4 jenis varietas baru rumput pakan ternak unggulan pada hari Senin, 29 Januari 2024 di lahan salah satu warga di Dusun Sade 2, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Varietas rumput yang ditanami antara lain rumput pakchong, gama umami, zanzibar, dan odot. Jenis pakan ini adalah jenis pakan unggulan yang belum banyak ditanami dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Pemberian jenis pakan inilah yang nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan bobot badan sapi.

“Rumput gajah adalah jenis rumput yang sangat melimpah di Desa Rembitan dan menjadi pakan yang selalu diberikan warga untuk ternaknya. Dengan adanya penanaman varietas pakan baru ini, diharapkan lahan yang ditanami dapat menjadi rumah bibit pakan yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar,” ujar Khairi selaku Ketua KKN-PMD UNRAM Desa Rembitan.

Menurut Khairi, kegiatan pananaman varietas rumput pakan ternak unggulan ini adalah wujud dari pemberdayaan masyarakat dan pertanian maju berkelanjutan dengan memanfaatkan potensi lahan yang ada di Desa Rembitan.

Penanaman dilakukan dengan sistem stek (potongan batang) minimum terdiri dari 2 buku dengan panjang 20-25 cm dan ditanami di 4 petak lahan yang berbeda sesuai jenis masing-masing rumput. Rata-rata jarak penanaman antar bibitnya yaitu 75 × 100 cm dengan kemiringan sekitar 15 derajat. Pemberian jarak antar tanaman bertujuan agar setiap tanaman memiliki ruang yang sesuai sehingga hasil produksi bisa lebih maksimal. Pertumbuhan 4 jenis rumput pakan ini akan terlihat dalam seminggu setelah penanaman dengan masa panen 60-90 hari. Mahasiswa berharap, rumput-rumput ini dapat tumbuh dengan baik dan dapat menjadi lahan pakan yang bisa dimanfaatkan oleh warga Desa Rembitan. (r)