Dilibatkan Dalam Pembangunan, 30 Perempuan di Lobar Dilatih dan Dibekali Sertifkat

0

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lombok Barat untuk pertama kalinya menyelenggarakan Pelatihan Teknis bagi Perempuan Mandor Perkerasan Jalan bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Lombok Barat yang digelar pada 22 – 26 Januari lalu di Kantor Dinas PUTR.

Pelatihan ini bertujuan untuk melibatkan perempuan dan meningkatkan kapasitas SDM perempuan dalam perencanaan, pengawasan, dan evaluasi pembangunan infrastruktur inklusif di Kabupaten Lombok Barat.
Kepala Dinas PUTR, Lalu Winengan, menjelaskan pelibatan perempuan dan organisasi perempuan dalam pembangunan infrastruktur menjadi dasar peningkatan kapasitas perempuan dalam perencanaan pengawasan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana publik di Lombok Barat.

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk implementasi Pasal 12 Perbup Nomor 74 Tahun 2023 tentang Pelibatan Perempuan Dalam Pembangunan Infrastruktur Inklusif di Kabupaten Lombok Barat.
“Pembangunan Infrastruktur merupakan jantung pertumbuhan ekonomi nasional, infrastruktur menjadi aspek penting dan vital untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Lebih dari itu, infrastruktur juga merupakan salah satu faktor penentu dalam pemerataan pembangunan dan kesejahteraan” jelasnya.

Kabid Bina Marga, Husni menyampaikan pelatihan diadakan selama lima hari, dimana dua hari peserta belajar dalam ruangan dan tiga hari praktek lapangan, “saya melihat sendiri bahwa perempuan lebih telaten, rapi dan rajin dalam bekerja” ucapnya. Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana IWAPI, Baiq Dewi Septemi Abdiana menyampaikan bahwa Pengarusutamaan Gender Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dilaksanakan melalui strategi peningkatan peran, akses, kontrol dan manfaat gender dalam pembangunan infrastruktur untuk memenuhi prinsip infrastructure for all.

“Prinsip ini meliputi universal yang berarti dapat dimanfaatkan oleh perempuan, laki-laki, termasuk didalamnya anak-anak, pemuda, lansia, penyandang disabilitas, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan kelompok rentan lainnya, juga Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan (K3), lalu Kesetaraan Gender dalam pemenuhan kebutuhan dasar serta Ramah Lingkungan” jelasnya. Kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi Dinas PUTR dan IWAPI Lombok Barat bekerjasama dengan Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) melalui program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT). Selain dilatih, para peserta juta mendapatkan sertifikat. (Her)