Mei, Rencana Renovasi Kantor Gubernur NTB Dimulai

0
Lies Nurkomalasari. (Suarantb/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB Ir. Lies Nurkomalasari, menegaskan, renovasi Kantor Gubernur NTB akan dimulai pada bulan Mei 2024 mendatang. Sebelum memulai renovasi,  pihaknya akan melakukan lelang untuk pekerjaan manajemen konstruksi.

Ditemui usai Coffee Morning di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Senin, 29 Januari 2024, Lies Nurkomalasari menyebut jika alokasi anggaran untuk renovasi Kantor Gubernur NTB sebesar Rp40 miliar pada APBD 2024 dan ditargetkan rampung pada bulan Desember 2024 mendatang.

Diakuinya, pada minggu ini, pihaknya akan melakukan lelang manajemen konstruksi. Setelah itu pihaknya menggelar lelang untuk pekerjaan fisik. ‘’Awal proyeknya kira-kira dimulai awal Mei. Kita rencanakan awal Mei itu sudah mulai,” katanya.

Dalam renovasi yang dilakukan, tambahnya, bagian depan Kantor Gubernur NTB akan berubah total. Nantinya, bagian depan akan ada bangunan berbentuk lumbung di bagian tengah yang merupakan ikon NTB.

Sementara pada bagian kanan bangunan tiga lantai akan menjadi  ruang kerja Gubernur NTB dan  berada pada bagian bawah. Sementara bagian kiri merupakan ruang kerja Wakil Gubernur NTB. ‘’Di antara ruang kerja Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dibangun lobi yang luas dan cukup representatif,’’ tambahnya.

Selain itu, tambahnya, Kantor Gubernur NTB juga nantinya dilengkapi lift untuk menuju bangunan lantai 2 dan 3. Sedangkan di selasar bagian belakang, pihaknya akan melakukan penataan.

Pada penataan ini, bagian depan Kantor Gubernur NTB lebih bagus dan bangunan yang ada sekarang ini menyambung.

Menurutnya, renovasi Kantor Gubernur NTB ini sudah direncanakan sejak tahun 2021 atau pada masa pemerintahan Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., dan pengerjaannya disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Ditegaskannya, renovasi Kantor Gubernur NTB harus dilakukan, karena usia bangunan sudah mencapai 47 tahun. Kantor Gubernur NTB NTB diresmikan pada tahun 1977 oleh Menteri Dalam Negeri Amir Machmud saat itu. (ham)