KPU Lobar Siapkan TPS Khusus bagi Warga Pemalikan Sekotong

0

Giri Menang (Suara NTB)- Warga masyarakat yang tinggal di wilayah Pemalikan, Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong belum ber KTP Lombok Barat. Kendati demikian, mereka disiapkan Tempat Pemungutan Suara Khusus ( TPS) oleh KPU Lobar. Jumlah DPT daerah ini mencapai puluhan pemilih.

Ketua KPU Lombok Barat, Bambang Karyono mengatakan, untuk pertama kalinya pada pemilu kali ini, KPU Lombok Barat menyediakan TPS khusus bagi masyarakat yang ada di Pemalikan setelah beberapa kali pemilu digelar, warga masyarakat yang tinggal di Pemalikan tidak pernah bisa memberikan hak suara pada pemilu. “Pada pemilu tahun ini kami memberanikan diri untuk menyediakan TPS khusus bagi masyarakat yang ada di Pemalikan,” kata Bambang, kemarin.

Ia menambahkan, selama pelaksanaan pemilu di. Kabupaten Lombok Barat, tidak pernah ada penyelenggara pemilu yang berani membuat TPS khusus di Pemalikan, tetapi pada pemilu saat ini KPU Lombok Barat memberanikan diri membuat TPS khusus di Pemalikan, ini yang harus diapresiasi.  Kenapa KPU Lombok Barat menyediakan TPS ini, karena KPU Lombok Barat terpanggil yang melayani seluruh masyarakat  seluruh warga negara yang ada di Pemalikan. “Kami di KPPU terpanggil untuk melayani semua warga negara yang ada di Pemalikan,” tegasnya.

Terkait dengan bagaimana hukum dan status warga masyarakat yang ada di Pemalikan, bukan menjadi ranah dari KPU Lombok Barat, karena ranah KPU Lombok Barat adalah melayani masyarakat agar bisa memberikan hak suara pada pemilu. “Kami tidak masuk pada ranah status hukum mereka,” ujarnya.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap ( DPT) yang ada di TPS khusus Pemalikan ini sebanyak 91 DPT, sedangkan di TPS reguler yang ada di sana jumlah DPT sekitar 197. “Di sana ada dua TPS, ada TPS khusus dan ada TPS reguler,” katanya.

TPS reguler itu untuk masyarakat yang masuk dalam DPT, atau warga Pemalikan yang sudah ber KTP Desa Batu Putih. Sedangkan yang di TPS khusus untuk masyarakat yang belum ber KTP Batu Putih. “Yang di TPS itu untuk warga Pemalikan yang belum ber KTP Pemalikan atau Desa Batu Putih,” tambah Bambang.

Sedangkan untuk surat suara yang bisa mereka dapatkan pada saat pemilu nanti, akan disesuaikan dengan alamat mereka di Sekotong, jika misalkan mereka beralamat Sekotong, maka maka mereka akan mendapatkan lima surat suara, yaitu surat suara DPRD Kabupaten Lombok Barat, DPRD Provinsi NTB, Dapil Lombok Barat – KLU. DPR RI. DPD RI dan Surat suara  Presiden  dan Wakil Presiden. Tetapi jika alamat di luar Lombok Barat, atau luar dapil tentunya akan disesuaikan dengan alamat KTP. “Di luar Sekotong, akan sesuai dengan tingkatannya untuk surat suara,” jelasnya.

KPU juga sudah memberikan tanda untuk surat di DPTB. Selain di  Pemalikan  KPU Lombok Barat juga sudah menyediakan TPS khusus di Lapas Kuripan, di Lapas Kuripan ada 4 TPS yang disiapkan, totalnya ada 5 TPS khusus untuk disiapkan KPU Lombok Barat. “Totalnya ada 5 TPS khusus yang kita siapkan,” ujarnya.

Untuk persiapan logistik pemilu, KPU Lombok Barat sudah lebih dari 90 persen sudah menyelesaikan pengepakan logistik KPU yang dimasukkan ke dalam bilik suara, sebelum didistribusikan ke semua TPS yang ada di Lombok Baat. “Semua logistik akan kita bagikan tiga hari sebelum pemungutan suara,” tutup Bambang. (her)