PN Sumbawa Segera Buka Layanan Persidangan di KSB

0
Tim PN Sumbawa didampingi oleh Asisten I dan II Sekda KSB saat meninjau ruangan di lantai 3 gedung Setda KSB. Aula rapat utama gedung Graha Praja itu menjadi salah satu ruangan yang ditawarkan Pemda KSB untuk dijadikan tepat layanan persidangan sementara kepada PN Sumbawa.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa akan segera membuka layanan persidangan di Kabupaten Sumbawa Barat. Langkah itu menjadi bagian tindaklanjut pembentukan PN KSB yang saat ini sedang dalam proes perintisan.

Wakil Ketua PN Sumbawa, Relly Dominggus Behukku mengatakan, pemekaran PN Sumbawa dengan pembentukan PN KSB masuk dalam salah satu agenda Mahkamah Agung (MA) untuk dimekarkan di tahun 2024 ini.  Dan melanjutkan agenda MA tersebut, PN Sumbawa sebagai langkah awal akan mulai membuka layanan persidangan di KSB.

“Agar tidak terlalu rumit proses transisinya saat pengadilan KSB terbentuk, maka mulai sekarang kita buka layanan lebih awal untuk masyarakat KSB,” kata Dominggus saat sosialisasi rencananya tersebut ke Pemda KSB, Jumat pekan lalu.

Untuk kelancaran rencana layanannya itu, PN Sumbawa meminta dukungan Pemda KSB. Domuminggus mengatakan, pihaknya berharap Pemda KSB dapat meminjamkan salah satu bangunan atau ruangan yang dapat digunakan sebagai tempat pelaksanaan persidangan terhadap kasus-kasus yang sedang dihadapi masyarakat KSB. “Ruangan tersebut nantinya bisa digunakan untuk penyelenggaraan proses persidangan, baik perkara pidana, perdata maupun tugas yang lainnya,” paparnya.

Sementara untuk ruang tahanan, Dominggus menyatakan, pihaknya akan berkerjasama dengan Polres dan Kejaksaan Negeri (Kejari) KSB. “Kita  bisa memanfaatkan ruang tahanan yang ada di polsek-polsek, maupun di Kejari KSB, sambil menunggu hadirnya lembaga pemasyarakatan sendiri,” paparnya seraya menyebut banyak kemudahan yang akan diperoleh pemerintah dan masyarakat KSB dengan hadirnya institusi pengadilan di daerah.

 “Masyarkat KSB tidak perlu lagi ke Sumbawa yang tentunya akan menghemat biaya, waktu dan jarak tempuh. Jadi tujuan kami adalah mempercepat berdirinya pengadilan negeri KSB, agar pelayanan lebih dekat terkait dengan penyelesaian perkara,” sambung Dominggus.

Mendengar penjelasan Dominggus, bupati KSB, H. W. Musyafirin sepakat. Saat memberi sambutan penerimaan, bupati menyampaikan uji coba penyelenggaraan pengadilan di KSB yang akan segera dimulai oleh PN Sumbawa sangat bagus. “Ini nantinya akan mencerminkan bahwa keberadaan pengadilan menjadi kebutuhan kita masyarakat KSB,” sebutnya.

Diterangkan bupati, saat ini biaya pembangunan gedung PN KSB telah disiapkan di APBD tahun 2024 senilai Rp7 milyar. “Tahun ini juga bisa selesai. Mudahan-mudahan sambilan proses pengadilan berjalan, struktur organisasi dari PN KSB juga bisa rampung,” harapnya.

Sementara itu mengenai peminjaman gedung atau ruangan untuk gelar persidangan, bupati memastikan Pemda KSB akan segera memenuhinya. “Apa yang menjadi permohonan kebutuhan pelaksanaan pengadilan d KSB akan segera kami dipenuhi,” janji bupati. (bug)