Latih Kemandirian dan Kedisiplinan Siswa Lewat Persami

0

Mataram (Suara NTB) –  SMPN 11 Mataram melaksanakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) pada hari Sabtu 27 januari 2024 dan Minggu 28 januari 2024 yang diikuti oleh empat SDN di Kecamatan Sekarbela. Setiap SDN mengirim peserta sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 laki 10 perempuan. Peserta juga berasal dari SMPN 11 Mataram. Total peserta sebanyak 120 orang.

Acara Persami dimulai dengan upacara pembukaan dimulai pukul 16.30 Wita. Kepala SMPN 11 Mataram, H. Azizudin, sebagai Pembina dalam sambutannya mengatakan, terima kasih kepada sekolah SDN yang ikut mendaftar untuk berpartisipasi dalam kegiatan persami dan kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya acara persami ini, semoga semua dapat berjalan lancar sesuai agenda acara yang telah dibuat.

“Jangan lupa jaga kesehatan fisik, mental dan spiritual kalian,” ujar Azizudin.

Humas SMPN 11 Mataram Fitri Sabekti mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka HUT sekolah ke-38 tahun dan tujuan lain agar dapat melatih kemandirian para peserta didik, kedisiplinan, kerja sama dan gotong royong, belajar mencintai alam, dan belajar berorganisasi.

Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar walaupun sedikit ada kendala karena hujan ketika kegiatan. Dalam perasami ini peserta mengikuti berbagai kegiatan lomba di antaranya Kompetisi Yel-yel dan baris-berbaris (LKBB),” jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung para peserta diwajibkan mematuhi tata tertib yang ditetapkan. Kegiatan yang diadakan sangat seru dan juga diadakan Lomba kompetisi Yel-yel dan LKBB dari masing-masing regu. Hal itu yang menumbuhkan semangat peserta untuk menang. Para peserta menampilkan bakatnya dengan penuh semangat.

Pelatih Kepramukaan, Suhaidi mengatakan, peserta juga tidak lupa melaksanakan salat berjemaah, makan malam bersama pukul 19.30 Wita. Diadakan juga pembekalan materi kepramukaan dan penambahan pengetahuan tentang dasadharma.

Sementara pada Minggu (28/1) pukul 06.30 Wita, peserta mengikuti kegiatan senam pagi dan tidak lupa untuk makan pagi bersama. Semangat yang kompak dan kreativitas peserta itulah yang menjadi dorongan. Kegiatan berakhir pukul 10.30 Wita dan tidak lupa panitia mengumumkan regu yang menjadi juara.

Setelah dilakukan penilaian Lomba Kompetisi Yel-yel, Juara 1 diraih  SDN 25 Ampenan, Juara 2 SDN 37 Ampenan, Juara 3 SDN 15 Ampenan. Lomba LKBB Putra, Juara 1 SDN 37 Ampenan, Juara 2 SDN 38 Ampenan, Juara 3 SDN 15 Ampenan. Lomba LKBB Putri, Juara 1 SDN 37 Ampenan, Juara 2 SDN 38 Ampenan, Juara 3 SDN 15 Ampenan.

Pendamping Guru SDN 37 Ampenan Ibu Lena, menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan persami yang diadakan SMPN 11 Mataram, kegiatan ini luar biasa menarik sehingga orang tua dan peserta sangatlah antusias. Semoga sekolah lain mengagendakan kegiatan seperti ini dan bisa menjadi kegiatan tahunan di gugus depan masing-masing. (ron)