Dosen Diminta Maksimalkan Hasil Riset Berkualitas Tinggi

0
Kepala LPPM Unram, Prof. Sukartono (dua dari kiri) saat melakukan serah terima Hasil Review Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada akhir pekan lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) menggelar Prosesi Serah Terima Hasil Review Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Utama LPPM dihadiri oleh para Dekan/Wakil Dekan Bidang Akademik di lingkungan Universitas Mataram pada hari Jumat 26 januari 2024

Dalam pertemuan ini hadir Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. selaku Kepala LPPM di dampingi oleh Sekretaris LPPM Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, MP.; Kepala Pusat Riset Prof. Ir. Buan Anshari, M.Sc.(Eng)., Ph.D.; dan Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, SP., MP.

Pada sesi akhir kegiatan, Kepala LPPM Unram mengajak semua peserta yang hadir untuk memaksimalkan peran dalam meningkatkan hasil riset Unram yang berkualitas tinggi dan meningkatkan reputasi global. Dengan kolaborasi antar stakeholder, sebagai salah satu upaya untuk terus berkembang sebagai mercusuar akademis di tingkat nasional dan internasional.

Penelitian dan Pengabdian secara umum memberikan kesempatan bagi para peneliti untuk mengembangkan pengetahuhan, menghasilkan kebijakan, menemukan inovasi pengetahuan dan teknologi dengan beragam pendekatan dan perspektif. Penelitian dapat memupuk keunggulan profesional khususnya di lembaga-lembaga pendidikan, terutama pendidikan tinggi.

Penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen di Unram selama ini dibiayai dari berbagai sumber dana. Meskipun terbuka peluang kerja sama penelitian yang dibiayai dari berbagai sumber dana, namun belum seluruh dosen memiliki kesempatan dan kemampuan untuk meraih dana penelitian tersebut. Oleh sebab itu, Unram setiap tahun juga menyediakan dana yang bersumber dari DIPA BLU/Badan Layanan Umum (BLU/Penerimaan Negara Bukan Pajak) untuk mendukung kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen.

Mengawali kegiatan ini, Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. dalam sambutannya menyampaikan, penerimaan usulan proposal tahun 2024 ini terdapat 657 jumlah proposal penelitian yang telah direview dan lolos passing grade sebanyak 645 proposal dan sebanyak 8 proposal yang tidak lolos passing grade. Sedangkan untuk proposal pengabdian jumlah proposal sebanyak 448 yang telah direviu dan ada 435 yang lolos passing grade dan sebanyak 13 proposal yang tidak lolos passing grade.

Tak hanya itu, Guru Besar Fakultas Pertanian ini mengingatkan bahwa, penyelesaian tanggungjawab penelitian dan pengabdian mempunyai implikasi terhadap penilaian kinerja institusi. Karena itu, LPPM juga memberikan fasilitasi dalam capaian luaran penelitian dan pengabdian, antara lain: Seminar Nasional dan Internasional bidang Saintek dan Soshum, serta Jurnal Terkareditasi Sinta yang dikelola LPPM untuk mengakomodasi luaran penelitian, Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PEPADU), Gelar Wicara dan Jurnal Pengabdian yang dikelola LPPM untuk menampung luaran kegiatan Pengabdian kepada masyarakat.

“Luaran penelitian yang berasal dari berbagai sumber pendanaan Unram, semua penelitian diusahakan menghasilkan naskah atau manuskrip yang terbit dalam forum seminar terindek, jurnal nasional maupun jurnal internasional terindek baik yang diselenggarakan oleh LPPM maupun Program Studi Masing-masing, HKI, dan paten,” jelasnya.

Penelitian dan pengabdian memiliki peran penting dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi selain Pendidikan dan Pengajaran, oleh karena itu pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan di Unram dituntut dapat memberikan dampak dan pengaruh kepada masyarakat ke arah yang lebih baik. Peranan hasil penelitian berupa ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilaksanakan oleh Unram juga diharapkan dapat membentuk living knowledge, yaitu ilmu yang tidak hanya berada dalam lingkungan kampus, lebih dari itu dapat menyebar dan dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup sekaligus meningkatkan daya saing bangsa.

Sasaran pembiayaan penelitian dan pengabdian masyarakat ini adalah segenap dosen Unram yang sudah tergabung dalam KPBI. Untuk itu, pembiayaan diharapkan efektif dan berkelanjutan untuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan road map Unram maupun KPBI. Oleh karena itu, penelitian harus didasarkan pada pengembangan keilmuan yang dituangkan dan dielaborasi dalam road map penelitian masing-masing KPBI tersebut, serta hasilnya juga diharapkan dapat dipublikasikan pada jurnal ilmiah dan sebagai bahan untuk proses diseminasi Ipteks kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat Riset Prof. Ir. Buan Anshari, M.Sc. (Eng)., Ph.D., menekankan, dalam rangka menjaga mutu pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus mengacu pada standar penjaminan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Unram. “Sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan,” ujarnya. (ron)