KKN PMD Unram Gelar Sosialisasi Pengolahan Limbah Ampas Tahu Jadi Produk Makanan Go Online di Desa Aikmel

0

Selong (Suara NTB) – Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di Desa Aikmel, Kecamatan Aikmel Lombok Timur (Lotim), mengadakan sosialisasi pengolahan limbah ampas tahu menjadi produk makanan go online. Mahasiswa KKN PMD ini didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Satutik Rahayu, M.Pd.

Pelatihan dilaksanakan di Kantor Desa Aikmel, Senin 22 Januari 2024 yang dihadiri Kepala Desa Aikmel, Babinsa, Bhabinkamtibmas, staf desa, UMKM, ibu-ibu kader PKK dan perwakilan masyarakat Aikmel.

Banyak masyarakat Aikmel yang belum tahu jika limbah ampas tahu padat dapat dimanfaatkan sebagai olahan produk makanan. Selama ini masyarakat Desa Aikmel hanya memanfaatkan limbah padat dari pengolahan tahu sebagai pakan ternak mereka. Dengan menggunakan alat yang sederhana mahasiswa KKN PMD Unram menyulap limbah ampas tahu menjadi beberapa produk seperti tepung Okara (tepung ampas tahu), Nugget ampas tahu yang diberi nama Nuesta serta brownis ampas tahu yang diberi nama Brownsta.

Pada kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh 30 orang peserta, kelompok mahasiswa KKN PMD Unram mengenalkan produk hasil olahannya berupa tepung Okara, Nuesta, Brownsta serta membagikan tester kepada para peserta sosialisasi berupa nugget yang sudah matang juga brownis.

Ketua KKN PMD Desa Aikmel Zainul Akbar menjelaskan program kerja utamanya, yaitu ketercapaian program kerja utama yang telah mencapai 80%. Pada kegiatan sosialisasi mahasiwa juga menjelaskan bagaimana proses pembuatan produk tersebut, melabelinya, membuat kemasannya serta memberikan penjelasan bagaiman teknik penjualannya secara online.

Rosida mahasiswa peserta KKN PMD Desa Aikmel pada kegiatan sosialisasi ini menjelaskan teknik pembuatan nugget mulai dari awal sampai terakhir teknik penjualan nugget dalam bentuk kemasan Frozen Food, dilanjut dengan Kurniawati juga menjelaskan bagaimana teknik pembuatan Brownis dari tahapan awal sampai dengan teknik pengemasan yang menarik.

Ilham Dwi Candra juga menjelaskan bagaimana teknik pembuatan tepung Okara. Antusias para peserta sosialisasi sangat tinggi dimana dengan banyaknya pertanyaan dan ketertarikan untuk mencoba mengolah limbah tersebut. Didampingi dengan DPL dari Unram mahasiswa dan DPL menjelaskan teknik pengolahan dan masih banyak lagi produk makanan yang disa diciptakan dengan mengolah limbah ampas tahu tersebut. Ketua PKK juga berharap untuk selanjutnya setelah kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa diminta untuk melatih ibu ibu kelompok PKK.

Apresiasi juga diberikan oleh kepala Desa Aikmel, Ir. Sunarno Sabirhan, dia mengatakan sangat menarik kegiatan proker utama KKN PMD di Desa Aikmel ini. Sunarno Sabiran juga mengatakan bahwa harapan kedepannya dengan melanjutkan apa yang telah disosialisasikan oleh mahasiswa KKN PMD Unram tentang pengolahan limbah ampas tahu ini smoga dapat menjadikan banyak warga Aikmel menjadi OKB (Orang Kaya Baru) dengan UMKM mengolah limbah ampas tahu ini.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu program kerja KKN PMD Unram 2023-2024 dengan tujuan mengedukasi kepada masyarakat Aikmel untuk meningkatkan ekonomi kreatif dengan mengolah limbah ampas tahu yang selama ini hanya dianggap limbah yang kurang memiliki nilai. Pada sesi terakhir kegiatan adalah foto bersama dan pembagian hasil olahan ampas tahu kepada para peserta sosialisasi. (ham)