Diisi Kegiatan Khotmul Qur’an, Haul Almagfurullah TGH Yusuf Abdussatar ke 5 Diikuti Civitas Ponpes dan Almuni di Luar Negeri

0
Foto rangkaian kegiatan Haul Almagfurullah TGH Yusuf Abdussatar Kediri yang ke 5 diisi Khotmul Qur'an, diikuti oleh Civitas Ponpes, seluruh Ponpes dibawah pengelolaan alumni dan para alumni yang ada di seluruh daerah hingga luar negeri

Giri Menang (Suara NTB) – Pondok pesantren Yusuf Abdussatar Dusun Karang Bedil Utara, Desa Kediri, Kecamatan Kediri Lombok Barat menggelar acara Haul pendiri Ponpes Almagfurullah TGH Yusuf Abdussatar ke 5. Rangkaian kegiatan yang telah diadakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 14-27 Januari tersebut diisi Khotmul Qur’an atau Khataman Al Qur’an. Puncaknya pada Sabtu (27/1/2024) yang dipusatkan di Asrama Putra Tahfizul Qur’an.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membumikan Al-Qur’an di Bumi Sasak” ini diikuti oleh seluruh santri dan santriwati Ponpes Abdussatar dan Ponpes yang didirikan oleh para Alumni. Serta para alumni Ponpes Abdussatar, baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Ketua panita kegiatan Haul, Ustadz M Nayif Abdul Basit.,SH.,menerangkan rangkaian kegiatan Haul Muassis Ponpes Yususf Abdussatar diawali dengan safari Khotmul Quran yang dilaksanakan kurang lebih di 14 titik.

14 titik ini tersebar di seluruh Pulau Lombok, di pulau Jawa dan bahkan luar negeri yaitu di Mekkah Almukarramah, Mesir, Yaman dan Swiss. “Dan kegiatan ini juga dilaksanakan oleh para alumni yang sedang menuntut ilmu di berbagai daerah dan luar negeri.

Dimana peserta di masing-masing titik berjumlah 10-15 orang,”terangnya. Khotmul Qur’an juga dilakukan di pondok pesantren di bawah asuhan dan bimbingan para alumni diantaranya di Yayasan Ponpes Miftahul Mujahidin, kedua di Yayasan Pendidikan Hamalatul Qur’an Lombok di bawah asuhan dan bimbingan Ustadz H.Misbahul Munir, dan di seluruh masjid-masjid sepulau Lombok yang menjadi titik acara Khotmul Qur’an.

Dikatakan, kegiatan Khotmul Qur’an ini dimulai dari tanggal 14-27 Januari 2024 dan berakhir acara puncak. “Dan khotmul Qur’an Bil Gaib yang diikuti oleh seluruh santri putra dan alumni asrama putra tahfidzul Qur’an Yusuf Abdussatar,”terangnya.

Pelaksanaan khotmul Qur’an tersebut, mendapatkan apresiasi dari seluruh masyarakat yang berlokasi pada daerah yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana. “Harapan besar dari rangkaian acara ini adalah tidak lain dan tidak bukan semata mata membumikan Al-Qur’an digumi sasak ini dan manca negara sesuai dengan tema kegiatan ini. Semoga kita semua menjadi bagian daripada ahlullah wa khosatuh. Amin Ya Rabbal Alamin,”harapnya.

Pihaknya pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Seluruh civitas Ponpes mulai dari Pembina Pondok Pesantren TGH.Abdul Basit Yusuf, TGH. Azmil Umur Lc., MA. Ketua Yayasan Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar TGH. Ahmad Khidir Khualid, LC.MA dan seluruh dewan guru di lingkungan Pondok Pesantren Yusuf Abdussata serta pengurus Asrama Putra dan Putri Tahfidzul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar.

Tak lupa ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara haul Almagfurullah TGH Yusuf Abdussatar dan Khotmul Qur’an dari awal hingga akhir.

Dan pihaknya menyampaikan terimakasih kepada
lapisan masyarakat yang telah mendukung acara haul TGH Yusuf Abdussatar dan TGH Khuwailid Yusuf Abdussatar. “Mudah-mudahan segala bentuk dukungan kita semua atas terselenggaranya acara ini dibalas oleh Allah SWT dengan sebaik-baik balasan di dunia dan akhirat,”katanya.

Untuk diketahui, Ponpes Yusuf Abdussatar berdiri tahun 1995. Ponpes ini didirikan oleh TGH Yusuf Abdussatar, TGH Ahmad Khuailid Yusuf, dan TGH Abdul Basit Yusuf, TGH Bukhari Zaenal, Dr H Baehaqi, S.si.,MM,M.Pd. Saat ini Ponpes tersebut membuka pendidikan formal seperti TK Islam, MI, MTs, MA, dan SMK dengan jumlah Santri Santriwati kurang lebih 2-3 ribu.Santri dan santriwati yang nyantri atau mondok tinggal di Asrama sebanyak 1200 orang.

Program yang menjadi unggulan Ponpes ini adalah Tahfizul Qur’an atau menghapal Al-Qur’an. Program ini dibuka sejak awal-awal ponpes ini dirikan sejak 28 tahun silam. Sehingga bicara program Ponpes yang terkenal di wilayah Kediri, dimana Abdussatar sudah dikenal dengan program Tahfizul Qur’an atau mencetak penghapal Alquran. (Her)