Kualitas Pengelolaan Jurnal di Unram Ditingkatkan

0

Mataram (Suara NTB) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) menggelar Workshop Manajemen Pengelolaan dan Peningkatan Kapasitas Jurnal. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Utama LPPM dihadiri oleh 100 orang pengelola jurnal di lingkungan Universitas Mataram pada hari Rabu 24 januari 2024

Dalam pertemuan ini hadir Wakil Rektor Bidang Keuangan & Umum, Prof. Dr. Sukardi, M.Pd.; didampingi oleh Ketua SPI, Abdullah Zainuddin, S.T., M.T.; Sekretaris LPPM, Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, M.P.; dan Kepala Pusat Publikasi, Konferensi dan HKI, Prof. Drs. Aris Doyan, M.Si., Ph.D.

Jurnal memainkan peran kunci dalam perkembangan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Jurnal memungkinkan peneliti untuk mempublikasikan temuan mereka, yang dapat diperiksa, dievaluasi, dan digunakan oleh peneliti lainya. Jurnal sebagai salah satu instrumen vital untuk menyebarkan pengetahuan baru dan hasil penelitian kepada komunitas ilmiah secara luas. Selain itu, jurnal juga memungkinkan peneliti untuk mendokumentasikan dan melestarikan penemuan mereka untuk generasi mendatang.

Sekretaris LPPM, Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, M.P. dalam sambutannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mendampingi penyiapan beberapa jurnal yang sudah memasuki masa reakreditasi dan beberapa jurnal baru yang belum terakreditasi. Di samping itu juga perlu mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi SINTA dan untuk memberikan strategi bagi pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tata kelolanya menuju jurnal yang mampu terindeksasi internasional.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini pihaknya mengharapkan pengelola jurnal semakin bersemangat, sehingga di tahun mendatang, jurnal yang belum terakreditasi segera terakreditasi, dan jurnal yang sedang melakukan reakreditasi dapat naik peringkat SINTA nya, serta akan lebih banyak jurnal yang terindeksasi global.

Dalam dunia penelitian dan ilmu pengetahuan, jurnal dan pengelolanya memainkan peran vital dalam menyebarkan pengetahuan, memfasilitasi komunikasi ilmiah, dan memungkinkan peneliti untuk berbagi temuan dengan komunitas ilmiah global. Meskipun jurnal memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi oleh komunitas peneliti. Salah satunya adalah persaingan ketat untuk mendapatkan artikel diterbitkan di jurnal yang bergengsi.

Selain itu, biaya akses ke beberapa jurnal yang terkunci atau berlangganan bisa menjadi hambatan bagi peneliti yang ingin mengakses informasi ilmiah. Meskipun ada beberapa tantangan dalam publikasi jurnal, peran jurnal dalam perkembangan ilmu pengetahuan tetap tak tergantikan.

Wakil Rektor Bidang Bidang Keuangan & Umum, Prof. Dr. Sukardi, M.Pd., menegaskan dalam era globalisasi ini, peningkatan kualitas dan konsistensi jurnal menjadi hal penting bagi lembaga pendidikan tinggi. “Langkah strategis LPPM Unram melalui workshop ini menjadi salah satu upaya yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas jurnal-jurnal di Unram dan memperluas jangkauan serta dampak penelitian yang dihasilkan,” harapnya.

Strategi peningkatan kualitas pengelolaan jurnal di Unram juga menjadi fokus utama pembahasan. Dalam rangka mewujudkan standarisasi dan keseragaman, para pengelola jurnal berbagi pengalaman dan ide untuk mengoptimalkan proses editorial, review, dan penerbitan. Langkah-langkah konkret diidentifikasi guna meningkatkan kualitas konten dan meningkatkan daya saing jurnal-jurnal Unram di tingkat nasional dan internasional.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat Publikasi, Konferensi dan HKI, Prof. Drs. Aris Doyan, M.Si., Ph.D., menekankan pentingnya kolaborasi antarpusat dan pihak terkait dalam mencapai keberhasilan ini. “Peningkatan kualitas pengelolaan jurnal tidak hanya menjadi tanggung jawab individu atau satu pusat saja. Ini adalah kerja bersama kita untuk mencapai standar tinggi dan memberikan kontribusi signifikan pada dunia ilmiah,” ujar Prof. Aris. (ron)