Sekda Ingatkan Soal RPJMD dan PAD, Bupati Minta OPD Jangan Apatis Terhadap Keluhan Warga

0

Giri Menang (Suara NTB)  – Bupati Lombok Barat (Lobar) Hj. Sumiatun menggelar Rapat Pimpinan (Rapim)  ll perdana di awal tahun 2024. Rapat Pimpinan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Jayengrane Rabu (17/1/2024) dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat Se -Kabupaten Lobar. Dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan jangan sampai OPD apatis terhadap informasi atau keluhan warga masyakarat.

Mengawali sambutannya, Hj. Sumiatun, menyampaikan ucapan terima kasih atas hasil kerja semua di tahun 2023. Capaian yang sudah diperoleh tentu merupakan buah dari integritas, loyalitas, kerjasama dan koordinasi serta kolaborasi dari semua pihak.

Menurutnya beberapa penghargaan dalam berbagai bidang di tingkat regional dan nasional telah diraih oleh Lobar. “Namun demikian, tentu masih ada hal-hal yang masih perlu dilengkapi, diperbaiki, dan ditingkatkan di tahun ini dan di masa mendatang agar Lobar Semakin Mantap,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan kepada semua Kepala OPD beserta Camat agar memperhatikan Capaian Target RPJMD 2019 – 2024. Ia mengatakan dari 20 Indikator Kinerja Utama Daerah  masih ada 7 Indikator yang belum tercapai. “Untuk itu saya menginstruksikan kepada Bapak dan Ibu semua untuk berkolaborasi dalam rangka penuntasan Indikator Kinerja Utama Daerah yang belum tercapai sesuai target,”katanya.

Menindaklanjuti hal tersebut ia meminta kepada seluruh Kepala OPD dan Camat untuk segera menyelesaikan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk melaksanakan program dan kegiatan tahun anggaran 2024. Selain itu, dalam rapat pimpinan ini Bupati Sumiatun juga menekankan kepada semua jajarannya untuk dapat meningkatkan kinerjanya di tahun 2024.

Ia juga meminta agar kepala OPD dapat peka terhadap situasi dan kondisi serta informasi di masyarakat. “OPD harus peka (jangan apatis) terhadap situasi kondisi masyarakat,”tegasnya.

Di tempat yang sama, Sekda Lobar H. Ilham menjelaskan poin penting dalam Rapim kali ini antara lain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari berbagai sektor serta merumuskan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Hal itu seperti kegiatan pemda menyapa desa, bakti stunting, rapat koordinasi setiap akhir bulan, rakor lintas sektoral yang sewaktu-waktu dibutuhkan serta rapat yang mendesak diharapkan para kepala OPD bisa mengikuti tanpa berwakil. (her)