Baznas Lotim Kumpulkan Rp1 Miliar Donasi Kemanusiaan untuk Palestina

0

Selong (Suara NTB) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur (Lotim) mengumpulkan donasi dari warga Lotim untuk warga Palestina sebesar Rp1,026 miliar. Secara simbolis, bantuan kemanusiaan itu diserahkan Penjabat Bupati Lotim yang diwakili Penjabat Sekda Lombok Timur, H. Hasni, Senin, 15 Januari 2024.

Penyerahan dilakukan melalui Baznas RI secara virtual melalui zoom meeting, diterima oleh Ketua Baznas RI, KH. Noor Achmad.

Bantuan tersebut berasal dari infak kemanusiaan yang berhasil dikumpulkan oleh Baznas Lombok Timur, melibatkan ASN seperti PGRI, jamaah masjid, dan relawan yang peduli terhadap rakyat Palestina. Pj. Sekda mengungkapkan bahwa kolaborasi yang dibangun oleh Baznas Lotim melibatkan semua stakeholder, memungkinkan pengumpulan dana sebesar Rp. 1.026.000.000. Bantuan tersebut akan diserahkan secara simbolis kepada Baznas RI.

Pj. Sekda mengungkapkan keinginan agar bantuan tersebut dapat mengurangi beban dan penderitaan rakyat Palestina yang tengah menghadapi situasi sulit. “Salam hormat dari kami kepada masyarakat Palestina,” katanya, sambil berharap agar doa masyarakat Lotim dapat membantu Palestina terbebas dari cengkeraman zionis Israel.

Ketua Baznas RI mengapresiasi bantuan tersebut sebagai komitmen masyarakat Indonesia yang dapat mempengaruhi kekuatan saudara-saudara Palestina. Dana bantuan untuk Palestina yang sudah terkumpul di Baznas RI mencapai Rp225 miliar, yang akan disalurkan tidak hanya untuk pembangunan sekolah, masjid, rumah sakit, dan rumah penduduk, tetapi juga dalam bentuk barang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengingat penggunaan uang di sana dapat menimbulkan kesulitan. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Baznas Lotim, Ketua Pengadilan Negeri Selong, Kabag Kesra, Camat Selong, dan sejumlah relawan Lotim. (rus)