Jadwal Balap MotoGP Diumumkan, MotoGP Mandalika Digelar 17-19 September 2024

0
Pertamina Mandalika International Circuit siap menggelar MotoGp 2024 pada 15 sampai 17 November mendatang. (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Dorna Sport selaku penyelenggara event balap dunia MotoGP, telah mengumumkan jadwal balapan untuk musim 2024. Total ada seri 22 balapan yang bakal digelar pada musim balap kali ini. Dengan Pertamina Mandalika International Circuit bakal menggelar seri balapan yang 17 pada 17 sampai 19 September 2024 mendatang.

Qatar akan menjadi tempat seri balapan pembuka musim balap kali ini, pada 8 sampai 10 Maret mendatang. Sedangkan balapan penutup akan digelar di Valencia Spanyol, pada 15 sampai 17 November 2024. Setelah balapan tour Asia digelar.

Untuk balapan tour Asia sendiri ada sedikit perubahan jadwal pada musim balap tahun ini. Dengan India tetap akan menjadi balapan pembuka tour Asia pada 20-22 September 2024. Baru lanjut ke Indonesia, kemudian Jepang (4-6 Oktober). Di mana pada seri balapan tahun kemarin, GP Jepang lebih duluan baru Indonesia.

Dari Jepang, balapan lanjut ke Australia pada 18-20 Oktober. Berlanjut ke GP Thailand pada 25-27 Oktober dan diakhiri GP Malaysia pada 1-3 November 2024. Jadi total untuk Negara Asia ada 6 negara yang menyelenggarakan balap MotoGP tahun ini.

“Jadwal (balap MotoGP) sudah ditentukan oleh Dorna,” terang Direktur Utama Mandalika Grandprix Assocation (MGPA) Priandhi Satria, kepada Suara NTB, Selasa, 2 Januari 2024. Dan, seri balapan tahun ini menjadi yang ketiga kalinya diselenggarakan di  Sirkuit Internasional Mandalika.

Artinya, balapan MotoGP sekarang sudah menjadi rutinitas. Sehingga bicara persiapan, tidak akan terlalu banyak berubah. Karena persiapan dari sisi sirkuit sudah tidak ada persiapan. Kalaupun ada persiapan, tidak banyak. Hanya berupa persiapan-persiapan minor saja.

‘’(MotoGP) ini sudah merupakan event rutin bagi MGPA. (Kalaupun ada persiapan) mungkin pengecatan (lintasan),’’ tandasnya. Disinggung gelaran World Superbike (WSBK) musim balap tahun 2024 ini, Andi enggan berkomentar. (kir)