Anggaran Tersedia, BPKAD KSB Jamin Semua Belanja Pasti Terbayar

0

Taliwang (Suara NTB) – Realisasi serapan anggaran jelang tutup tahun 2023 terus digenjot oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Ratusan program belanja daerah di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dikebut agar kemudian bisa selesai dan terbayar sebelum akhir tahun.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) KSB, Muhammad Yusuf mengatakan, dari sisi pembayaran pihaknya sudah sangat siap merealisasikannya. Saat ini anggaran pada kas daerah telah tersedia sehingga setiap pengajuan pencairan dapat langsung diproses. “Kami sekarang standby. Dananya ada, tenaganya kami sudah siapkan dan kami juga sudah berkoordinasi dengan bank untuk kelancaran proses pencairannya,” terangnya, Jumat, 15 Desember 2023.

Menurut Yusuf, proses pembayaran oleh pihaknya selama tahun ini tidak pernah mengalami kendala. Hal itu dikarenakan anggaran daerah selalu tersedia. Hanya saja ia mengaku, jelang akhir tahun ini pengajuan pembayaran sedikit berkurang karena masih banyak program kerja OPD terutama kegiatan fisik yang masih belum rampung dikerjakan.

“Rata-rata masalahnya (kegiatan) fisik. Banyak yang belum selesai sampai sekarang. Padahal itu anggarannya besar-besar,” sebutnya.

Paling banyak program fisik yang hingga kini masih dalam tahap pengerjaan berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Yusuf menyebut, jika nanti pekerjaan Dinas PUPR itu bisa selesai dan diajukan pembayarannya, maka realisasi serapan anggaran akan mengalami lonjakan yang sangat signifikan.

“Kalau realisasi pendapatan kita sudah tercapai nah posisi belanja ini yang masih rendah. Kalau dinas PU bisa misalnya minggu depan mengajukan pembayaran mudah-mudahan bisa tembus di atas 80 persen serapan belanja kita sebelum tutup buku tanggal 25 Desember nanti,” tukas Yusuf. (bug)