Susun RPJPD, NTB akan Gelar FGD Youth Generation Planning Forum

0
Kepala Bappeda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si memimpin Rapat Persiapan FGD Youth Generation Planning Forum di ruang rapat Lakey Bappeda NTB, Senin, 11 Desember 2023 .(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Bappeda Provinsi NTB akan menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Youth Generation Planning Forum. Kegiatan ini berkaitan dengan Forum Pembangunan NTB Maju Melaju untuk Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi NTB tahun 2025-2045.

Kepala Bappeda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si langsung memimpin Rapat Persiapan FGD Youth Generation Planning Forum yang dihadiri perangkat daerah terkait lingkup Pemerintah Provinsi NTB serta akademisi. Rapat persiapan berlangsung di ruang rapat Lakey Bappeda NTB, Senin, 11 Desember 2023.

Iswandi menyampaikan penyusunan RPJPD 2025 – 2045 dilakukan melalui banyak kegiatan FGD antara lain FGD Youth Generation Planning Forum ini. Selain itu ada pula FGD Mitra Pembangunan, FGD Dunia Usaha, FGD Pemberdayaan Perempuan dan Disabilitas, FGD Internasional, FGD Pemerintah Pusat, FGD daerah perbatasan (Bali, NTT, Sulsel dan Jatim), FGD Kabupaten/Kota, FGD Perangkat Daerah Pemprov NTB.

“RPJPD merupakan dokumen perencanaan makro yang berupa visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok Pembangunan Daerah Jangka Panjang untuk 20 tahun yang disusun dengan berpedoman kepada RPJPN dan RTRW,” kata Iswandi saat memimpin rapat persiapan FGD tersebut.

Forum Pembangunan NTB Maju Melaju ini juga merupakan sebuah upaya untuk menggali hal-hal yang mendasari arah kebijakan pembangunan selama kurun 20 tahun mendatang yang mengidentifikasi dan mengkaji berbagai isu, masalah, tantangan dan upaya yang diperlukan.

Harapannya, kegiatan ini untuk menyusun bahan-bahan kebijakan pembangunan daerah yang selanjutnya akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan RPJPD Provinsi NTB Tahun 2025-2045 guna mencapai tujuan jangka panjang.
Sebelumnya, dalam Workshop Kegiatan Penyelarasan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi NTB tanggal 23-24 Oktober lalu, Iswandi mengatakan penyusunan RPJPD harus dipastikan selaras dengan target pembangunan nasional.

Oleh karena itu Kepala Bappeda NTB mengharapkan adanya dukungan tim ahli. Bagaimana NTB dapat mendukung pencapaian target nasional.
Di mana lima indikator sasaran visi Indonesia Emas tahun 2045, antara lain; mencapai pendapatan per kapita setara negara maju, kemiskinan menuju 0% dan ketimpangan berkurang, kepemimpinan dan pengaruh di dunia internasional meningkat, daya saing sumber daya manusia meningkat, dan intensitas emisi GRK menurun menuju net zero emission.(ris)