Program Beasiswa, Pemprov NTB Kerja Sama dengan UGM

0
Sosialisasi Program Studi Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Pelayanan Publik Sekolah Pascasarjana UGM di Gedung Sangkareang, Senin, 11 Desember 2023 . (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB mengembangkan beasiswa program Study Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan bagi ASN lingkup Pemprov NTB bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM)) Yogyakarta. Hal ini disampaikan pada Sosialisasi Program Studi Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Pelayanan Publik Sekolah Pascasarjana UGM di Gedung Sangkareang, Senin, 11 Desember 2023.

Prof. Dr. Ir. Achmad Junaedi, MURP dari UGM, menjelaskan, dengan program ini ASN di lingkup Pempov NTB akan diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki, sehingga ASN betul-betul mempunyai kemampuan yang profesional dalam memecahkan permasalahan politik ekonomi di NTB, seperti kemiskinan, kualitas pelayanan publik, korupsi, kerusakan lingkungan, relasi bisnis, dan disiplin ilmu lainnya.

Selain dari ASN kualifikasi calon mahasiswa adalah pegawai non pemerintah, aktivis LSM, peneliti, dosen, pelaku bisnis dan lulusan S1 yang mempunyai minat pada studi kebijakan dan kepemimpinan, ujarnya.
Menurutnya, antara UGM dan Pemprov NTB sudah memiliki Memorandum of Understanding (MoU) dan tinggal dikongkritkan dengan kerja sama. Kerja sama ini mulai diimplementasikan awal tahun 2024 dan Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi., M.Si., telah menyatakan siap mendaftar sebagai mahasiswa Program Studi Doktor.

ASN dan pejabat lingkup Pemprov NTB dapat ikut mengambil program studi S-2 dan S-3 di UGM. Untuk bisa masuk menjadi mahasiswa pasca sarjana di UGM para ASN harus bisa Bahasa Inggris berupa AcEP UGM dengan skor minimal 209 atau Toefel dengan skor minimal 40 yang dibuktikan dengan sertifikat tes kemampuan Bahasa Inggris,” ujarnya.
Mata kuliah wajib yang diikuti adalah kepemimpinan strategis dan inovatif, disruptive innovation and policy, sains, teknologi dan inovasi, nilai publik dan inovasi, analisis kebijakan berbasis data, metode penelitian untuk inovasi kebijakan.

Sementara itu Asisten Administrasi Umum Setda NTB – H. Wirawan., S.Si., MT meminta kepada ASN yang berminat untuk mendaftarkan diri melalui website ujian masuk UGB dengan website http://um.ugm.ac.id. Menurutnya, hal ini merupakan kesempatan bagi ASN lingkup Pemprov NTB untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuannya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (ham)