Pilkada 2024, Puaddi Dinilai Jadi Kader Golkar Paling Siap Rebut Loteng Satu

0
Ihsan Hamid (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Diantara tiga kader terbaik partai Golkar di Lombok Tengah yang diberi penugasan oleh DPP Golkar untuk tampil jadi calon Bupati atau Wakil Bupati di pilkada serentak 2024. Figur Ketua Komisi IV DPRD NTB, H Achmad Puaddi FT dinilai paling besar kansnya untuk maju dan memenangkan Pilkada.

Penilaian itu disampaikan oleh Pengamat Politik dari UIN Mataram, Dr. Ihsan Hamid. Menurutnya bahwa banyak faktor dan indikator kenapa Golkar harus mempertimbangkan dan memprioritaskan Puaddi untuk tampil maju di Pilkada Loteng 2024.

“Jika Golkar ingin kembali merebut Lombok Tengah dengan menempatkan kadernya jadi Bupati. Maka figur Puaddi yang paling realistis untuk dimajukan Golkar sebagai calon Bupati 2024,” kata Ihsan.

Beberapa indikator kenapa Puaddi yang dinilai paling realistis adalah pertama dari sisi basis masa pendukung militan, yakni jamaah Yatopa Bodak. Kemudian itu Puaddi juga pernah tercatat sebagai Ketua DPRD Lombok Tengah, dan kini menjadi anggota DPRD Provinsi NTB dengan suara terbesar di dua dapil yang ada di Lombok Tengah.

“Kita tahu ya bahwa salah satu kekuatan politik di Lombok Tengah itu adalah Yatopa Bodak. Nah Puaddi yang berasal dari keluarga besar Yatopa tentu akan membawa gerbong besar basis masa Yatopa ini, seperti kakaknya dulu Suhaili FT,” jelas Ihsan.

Selanjutnya pada pileg 2024 ini Puaddi maju lagi sebagai caleg DPRD Provinsi NTB lewat dapil VIII atau Lombok Tengah bagian selatan. Jika Puaddi mampu kembali terpilih dengan suara signifikan, hal itu akan sangat mendukung langkah Puaddi secara elektoral untuk tampil di Pilkada.

“Pileg 2019 kan maju lewat dapil VII Loteng Utara, nah sekarang maju lewat dapil Loteng selatan. Ini tentu menguntungkan Puaddi secara elektoral, dia bisa maksimal menguasai Loteng Utara dan Selatan,” jelas Ihsan.

Diketahui, nama Puaddi muncul dalam daftar calon kepala daerah yang diusulkan Golkar untuk Pilbup Lombok Tengah 2024 dalam surat DPP Partai Golkar bernomor: Sund- 308 /GOLKAR/XI/2023. Selain Puaddi, DPP Golkar juga menugaskan dua kader lainnya, yakni Nursiah yang sedang menjabat Wabup Loteng, dan Humaidi selaku Ketua DPD II Golkar Loteng.

“Bismillah, karena itu adalah amanat dan mandat dari partai, tentu sebagai kader saya tunduk dan patuh untuk melaksanakan penugasan partainya dengan sebaik-baiknya. Pada prinsipnya, saya siap jalankan instruksi dari partai,” tegas Puaddi.

Secara eksplisit, Puaddi tak menampik memang dirinya memiliki keinginan untuk mengabdi lebih luas kepada masyarakat Lombok Tengah. Yakni dengan menjadi eksekutif. Sebab sebagian besar karier politiknya selama ini berada di legislatif.

“Itu naluriah, selalu ada keinginan untuk berbuat lebih banyak kepada masyarakat. Apalagi saya ini kan lahir dan besar di Lombok Tengah. Tapi nanti kan akan ada serangkaian mekanisme partai yang bekerja, salah satunya survei untuk mengukur popularitas dan elektabilitas kader. Tugas kita saya menjalankan perintah tersebut dengan sebaik mungkin,” pungkasnya. (ndi)