Dikbud Ingatkan Guru ASN dan PPPK Tidak Berpolitik Praktis

0
H. Aidy Furqan

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., mengingatkan guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), baik PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjaga netralitas dan tidak berpolitik praktis pada Pemilu 2024.
Meski ada keluarga yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg), Aidy Furqan mengingatkan pada guru ASN untuk tidak menunjukkan keberpihakannya. Namun, bagaimana guru ASN tetap netral sebagaimana ikrar netralitas ASN yang telah dilakukan di lingkup Pemprov NTB.

Ikrar netralitas ASN yang kemarin, saya akan tindaklanjuti. Saya ingatkan teman-teman guru agar mengikuti aturan untuk menjaga netralitas,” ujarnya saat dikonfirmasi di Kantor Gubernur NTB, Rabu, 6 Desember 2023.

Sementara pada guru honorer, ungkapnya, pihaknya tidak melarang mereka untuk ikut berpolitik praktis pada pemilu 2024. Hal ini dipertegas dalam aturan, jika guru yang berstatus ASN baik PNS dan PPPK yang diminta menjaga netralitas dalam pemilu.
” Yang dilarang di aturan hanya ASN. Tapi guru honorer sebaiknya tidak ikut berpolitik praktis,” ujarnya mengingatkan.

Sekarang ini, tambahnya, jumlah guru ASN dan honorer untuk jenjang pendidikan SMA/SMK dan SLB negeri di NTB sebanyak 21 ribu orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 3.000 orang lebih merupakan guru honorer. Sementara jumlah guru honorer terus berkurang, karena adanya rekrutmen guru PPPK.

Pada bagian lain, pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh guru honorer tidak membawa-bawa politik praktis ke lingkungan sekolah. Menurutnya, peran guru honorer saat berpolitik praktis di masyarakat saja. Sementara ketika di sekolah, tidak membawa-bawa politik. Untuk itu, pihaknya mengingatkan pada guru yang berstatus ASN, tetap fokus untuk mengajar dan tidak terafiliasi dengan calon legislatif, calon presiden dan wakil presiden atau partai politik. Apalagi dalam aturan sudah jelas, ASN harus menjaga netralitas dalam pemilu 2024. (ham)