Tingkatkan Kompetensi Lulusan, IAHN Gde Pudja Mataram Gelar Workshop Bahan Ajar

0
Wakil Rektor I IAHN Gde Pudja Mataram, I Wayan Sumertha bersama narasumber, panitia, dan sejumlah pejabat berfoto bersama saat pembukaan Workshop Bahan Ajar di Aula Lantai 3 Rektorat IAHN Gde Pudja Mataram pada Senin, 4 Desember 2023.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram menggelar Workshop Bahan Ajar di Aula Lantai 3 Rektorat IAHN Gde Pudja Mataram pada Senin, 4 Desember 2023 sampai dengan Selasa, 5 Desember 2023. Workshop ini mengusung tema Strategi Meningkatkan Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi Berbasis Nilai Hindu di Era Digital.

Ketua Panitia Workshop, Dr. Ketut Supartha, S.Sn.,M.Si., dalam laporannya saat pembukaan kegiatan, Senin, 4 Desember 2023 menyampaikan, kegiatan ini diikuti 80 orang peserta yang terdiri dari dosen dan pegawai. Workshop bahan ajar ini berkaitan dengan penyiapan proses pembelajaran.

“Proses pembelajaran akan terselenggara dan berkualitas apabil hal pendukung disiapkan dengan baik dan berkualitas. Tentunya akan berdampak pada standar kompetensi masing-masing mata kuliah, sehingga meningkatkan kualitas lulusan di era digital. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif,” jelasnya.

Pembukaan kegiatan dihadiri juga oleh pejabat sutruktural dan fungsional, para dosen beserta pegawai.

Wakil Rektor I IAHN Gde Pudja Mataram, Dr. Drs. I Wayan Sumertha, M.Ag., dalam sambutannya mewakili Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma.,SE.,M.Si., mengatakan, kegiatan workshop bahan ajar ini merupakan kebutuhan sekaligus kepentingan para dosen. Walaupun sebagai dosen, setiap mengajar sudah memiliki bahan.

“Apa yang dimaksudkan dalam workshop ini, bisa ditindaklanjuti dari bahan ajar jadi buku ajar. Oleh karena itu, kita inginkan membuat standarisasi bahan ajar, minimal menjadi buku ajar yang dikeluarkan IAHN Gde Pudja Mataram, sehingga buku ajar yang dimiliki para dosen memiliki standar yang mencerminkan institusi kita (IAHN Gde Pudja),” jelas I Wayan Sumertha yang juga membuka workshop bahan ajar ini.

Ia menekankan, workshop bahan ajar ini sangat penting. Diharapkan, seluruh peserta menyimak narasumber, sehingga bisa menjadi referensi bagi dosen untuk membuat bahan ajar dan buku ajar.

Panitia workshop bahan ajar menghadirkan tiga narasumber, yaitu Prof. Dr. Drs. I Gusti Ayu Suasthi., M.Si., dari Universitas Hindu Indonesia Denpasar; Prof. Dr. Made Sudarma, SE., Ak., M.M., dari Universitas Brawijaya Malang; dan, Prof. Dr. I Nyoman Sueca, S.Ag., M.Pd., dari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Narasumber pertama, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ayu Suasthi menyampaikan materi berjudul Pedoman Penulisan Modul Pembelajaran bagi Dosen. Ia memaparkan cara menyiapkan modul ajar. Menurutnya, modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar oleh dosen dalam mempersiapkan materi kepada mahasiswa. “Modul ajar berisi terkait materi diskusi-diskusi yang bisa dipelajari atau didiskusikan tanpa pendampingan dosen. Modul hanya berlaku pada wilayah di mana prodi itu berada,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan mengenai ciri-ciri modul pembelajaran, sistematika template, dan memberi contoh modul ajar. Workshop dilanjutkan dengan pemaparan contoh dan praktik langsung membuat bahan ajar yang dibimbing oleh narasumber dan diikuti oleh para peserta. (ron)