Sembilan Pelamar PPPK Dinyatakan Gugur

0
Hj. Baiq Asnayati

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah 1.453 orang pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkup Pemkot Mataram telah menjalani tahapan seleksi kompetensi. Namun, sembilan di antaranya dinyatakan diskualifikasi alias gugur.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Hj. Baiq Asnayati mengatakan, tes kompetensi PPPK di lingkup Pemerintah Kota Mataram telah selesai. Unit Pengelola Teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kota Mataram telah menyerahkan rekap nilai peserta. Nilai ini akan diserahkan ke panitia seleksi nasional. “Semua peserta sudah tahu nilainya. Nilai ini diserahkan ke pusat dan selanjutnya tanggungjawab pemerintah pusat,” kata Asna dikonfirmasi pada Senin, 4 Desember 2023.

Dari jumlah 1.453 peserta yang mengikuti seleksi kompetensi di UPT BKN Mataram terdapat sembilan orang tidak hadir dan dinyatakan gugur. Sembilan peserta ini terdiri dari dua orang tenaga guru, tiga orang tenaga kesehatan, dan empat orang tenaga teknis.

Sementara, enam peserta yang mengikut tes kompetensi di luar daerah kata Asna, pihaknya belum mendapatkan konfirmasi pasti dari panitia pusat terkait kehadiran yang bersangkutan. “Kami sedang coba koordinasikan dengan Kanreg wilayah setempat untuk memastikan mereka itu tes CAT atau tidak,” terangnya.

Asnayati menambahkan, proses selanjutnya diserahkan sepenuhnya ke pemerintah pusat. Pemerintah kabupaten/kota tinggal menunggu dan menjalankan proses seleksi sesuai tahapan yang ditetapkan oleh panitia seleksi nasional.

Secara keseluruhan jumlah pelamar PPPK di Kota Mataram mencapai 1.590 orang. Jumlah ini terdiri dari tenaga guru 601 pelamar terdiri dari 351 pelamar jalur khusus, 250 pelamar jalur umum, dan nihil formasi khusus disabilitas. Pelamar formasi tenaga kesehatan 636 orang terdiri dari 491 pelamar khusus, 144 pelamar umum, dan 1 pelamar disabilitas. Untuk formasi tenaga teknis mencapai 353 pelamar. Terdiri dari 260 pelamar khusus, 92 pelamar umum, dan 1 pelamar disabilitas. (cem)