Masuk Tiga Besar Nasional, Pemprov NTB Raih Penghargaan Anindhita Wistara Data BPS RI

0
Pemprov NTB meraih penghargaan Anindhita Wistara Data Badan Pusat Statistik (BPS) RI atas Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), kategori baik. (Suara NTB/ist)

Jakarta (Suara NTB) – Pemprov NTB meraih penghargaan Anindhita Wistara Data Badan Pusat Statistik (BPS) RI atas Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), kategori baik. NTB masuk tiga besar nasional bersama dengan DKI Jakarta dan Provinsi Bali. Penghargaan diserahkan di Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

EPSS merupakan penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Mewakili Pj Gubernur NTB, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos, M.M menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi NTB telah merancang sistem pengelolaan data sektoral yang terpusat dengan mengacu pada prinsip-prinsip Satu Data Indonesia, termasuk standar data, metadata, interoperabilitas, dan kode referensi/data induk.

‘’Data ini juga diterbitkan melalui portal data terbuka dalam format yang dapat digunakan kembali dan mudah dibaca serta disediakan tanpa biaya. Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik sebagai Walidata memastikan bahwa data yang dihasilkan oleh organisasi perangkat daerah di lingkup Pemerintah Provinsi NTB dapat memenuhi standar kualitas data yang telah ditetapkan,’’ jelas Najam.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Provinsi NTB semakin mendekatkan diri untuk mencapai tujuannya dalam mengelola data yang berkualitas, mendukung perencanaan pembangunan yang lebih baik, dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara menyeluruh.

Hadir juga dari Bupati Lombok Barat, Wabup Lombok Tengah yang  menerima hasil EPSS dengan Kategori Baik dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) salah satu desanya yaitu Desa Kalimantong, Kecamatan Brang Ene dianugerahi Desa Cinta Statistik. Penghargaan diterima oleh Camat Brang Ene. (r)