Jembatan Penghubung Desa Waduruka-Pusu Kabupaten Bima Putus, 1.000 KK Terisolasi

0
Jembatan putus di dusun Tamandaka usai diterjang banjir yang membuat 1.000 KK terisolasi. (Suara NTB/Ist)

Bima (Suara NTB) – Jembatan penghubung antar desa yang berada di Dusun Tamandaka, Desa Waduruka Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima terputus usai diterjang banjir pada, Senin, 4 Desember 2023 malam kemarin.

Terputusnya jembatan yang menghubungkan antara Desa Waduruka dengan Desa Pusu tersebut mengakibatkan sekitar 1.000 kepala keluarga (KK) terisolir.

Kepala Desa Waduruka Kecamatan Langgudu, M. Yamin mengatakan, hujan deras mengguyur pada Senin, 4 Desember 2023 malam mengakibatkan banjir di Desa setempat. Selain merendam rumah warga, banjir juga mengakibatkan rusaknya jembatan penghubung antara Desa.

“Banjir sehari kemarin usai hujan deras mengakibatkan jembatan rusak dan rumah warga terendam,” kata dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 5 Desember 2023.

Ia mengaku sedikitnya ada tiga jembatan yang rusak. Bahkan dua unit diantaranya sudah terputus dan tidak bisa digunakan lagi. Sementara satu unit jembatan lainnya nyaris terputus yang hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

“Selain itu, sepanjang jalan juga dipenuhi lumpur,” katanya.

Yamin mengaku kondisi tersebut membuat aktivitas masyarakat Desa Waduruka khususnya Dusun Tamandaka dan Desa Pusu terganggu. Bahkan hingga kini aktivitas perekonomian lumpuh total.

“Saat ini tidak tisa dilewati. Kita harapkan segera dibangun jembatan darurat atau alternatif sebagai akses sementara warga,” harapnya.

Terkait hal itu, ia mengaku sudah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Bahkan Wakil Bupati Bima ditemani jajaran BPBD dan Dinas PUPR Kabupaten Bima akan turun ke lokasi untuk meninjau langsung wilayah yang terdampak banjir.

“Hari ini, pak Wakil Bupati bersama jajaran BPBD dan PUPR akan turun di lokasi terdampak banjir yang jaraknya 4 kilometer dari Desa induk,” pungkasnya. (uki)