Sinergi Bangun Pariwisata, Kodim Loteng Inisiasi Pelatihan bagi Pemandu Wisata

0
Pemandu wisata diberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas bahasa asing serta teknik memandu wisata, oleh Kodim Loteng pekan kemarin. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Puluhan pemandu wisata utamanya di kawasan The Mandalika mendapat pelatihan dan penguatan kapasitas kepariwisataan yang diinisiasi oleh Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng). Dengan berfokus pada peningkatan kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris serta teknik memandu wisata.

“Pelatihan ini bentuk sinergi dan langkah proaktif TNI dalam membantu pembangunan pariwisata di daerah ini,”sebut Dandim 1620/Loteng, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara, dalam keterangan, Minggu, 3 Desember 2023.

Pelatihan sudah berlangsung sejak Jumat, 1 Desember 2023 di Aula Kantor Desa Sengkol diikuti pemandu dan pelaku wisata lainnya.  Ditegaskannya, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris serta keterampilan teknis dalam memandu wisata yang baik serta profesionalisme penting dalam membangun citra pariwisata daerah ini di mata wisatawan, sehingga peningkatan kapasitas pada dua aspek tersebut penting untuk dilakukan. Karena pariwisata tidak hanya soal destinasi, tetapi juga para pelayanan yang diberikan oleh para pelaku wisata itu sendiri.

Dengan pemahaman bahasa Inggris yang baik tersebut maka interaksi antara wisatawan dan pemandu lokal bisa lebih baik lagi. Wisatawan bisa memperoleh kepuasaan tersendiri karena mendapat pelayanan yang baik. Kalau wisatawan puas, tentunya akan membuka peluang semakin banyaknya wisawatawan untuk datang ke daerah ini.

Dalam pelatihan tersebut, Kodim Loteng menghadirkan instruktur ahli bahasa serta pemandu wisata yang memiliki kemampuan andal. Yang bisa memberikan pemahaman kepada para pemandu dan pelaku wisata di daerah ini tentang bagaimana berkomunikasi serta memandu wisata yang baik.

“Bermodalkan keahlian bahasa dan pengetahuan teknis yang baik tersebut, diharapkan para pemandu dan pelaku wisata kita khususnya di kawasan The Mandalika bisa menjadi mitra yang andal dalam mempromosikan pesona lokal dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung,” tutup Dandim Loteng. (kir)