Sejumlah Destinasi Wisata di Lobar Jadi Tujuan Favorit Tamu Kapal Pesiar

0
Tamu kapal pesiar berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Lobar. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Kedatangan kapal pesiar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat (Lobar) diyakini memberikan banyak dampak positif bagi NTB khususnya Lobar. Pasalnya, ribuan tamu singgah berwisata ke sejumlah daerah di Lombok. Salah satunya beberapa lokasi wisata di Lobar menjadi tujuan rutin tamu kapal pesiar ini.

Sabtu, 2 Desember 2023 kapal pesiar asal Belanda MS Westerdam bersandar di Gili Mas. Kapal pesiar yang membawa 1.848 wisatawan mancanegara (wisman) tersebut berkeliling ke sejumlah destinasi wisata di Lombok. Taman Narmada, Taman Lingsar, Pasar Seni Sesela dan Senggigi menjadi tujuan dari belasan bus yang mengangkut para wisatawan tersebut di samping juga menuju ke Museum Negeri Provinsi NTB.

Tidak hanya berangkat dengan bus, sejumlah wisman juga terlihat memilih freelance tour guide sebagai pemandu mereka untuk berkeliling ke sejumlah destinasi yang ada.

“Bulan lalu kita sudah kedatangan 3 kapal pesiar, untuk bulan ini (Desember) akan ada 3 lagi yang berlabuh dan MS Westerdam ini yang pertama,” ungkap Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar Irman Sumantri, kemarin. Kedatangan kapal pesiar ke Lombok ini diharapkan Irman bisa mengangkat kepariwisataan di Lobar khususnya.

“Kita harus berbenah untuk tahun depan untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal saat menyambut wisatawan yang datang, semoga saja tahun depan akan banyak kapal pesiar lagi yang berlabuh,” tukasnya.

Di tempat berbeda Direktur Utama PT. Tripat Eko Esti Santoso selaku pengelola Taman Narmada mengaku senang dan tak lupa ia mengucapkan terimakasih atas kepercayaan para travel agent untuk membawa wisatawan ke Taman Narmada.

“Kami juga sebagai pelaku wisata berterima kasih kepada pihak terkait dan teman-teman guide luar sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk singgah di Taman Narmada sekaligus membantu kami untuk mempromosikan wisata kami, khususnya destinasi wisata Taman Narmada,” ucap Eko singkat.

Baehaqi, salah satu freelance tour guide yang ditemui saat tengah mengantar wisatawan ke Taman Lingsar juga merasa bersyukur dengan kedatangan kapal pesiar ke Lombok. Baginya kedatangan wisatawan kapal peaiar ini menjadi pemasukan tambahan untuk membiayai keluarganya.

 Kapal pesiar MS Westerdam yang bersandar pada pukul 7 pagi tadi dan lepas sandar pukul 23.00 Wita dan akan berangkat melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Benoa, Bali.(her)