Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-78 2023, “78 Tahun Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri”

0

BALAI Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I dan seluruh unsur di bawahnya melaksanakan puncak peringatan Hari Bakti PUPR ke – 78 Tahun 2023, Minggu, 3 Desember 2023. Bersamaan dengan upacara peringatan serempak nasional.

Apel puncak peringatan Hari Bakti PUPR  ke 78 dilaksanakan di Kantor BWS Nusa Tenggara I di Gerimax, Narmada Lombok Barat. Dipimpin langsung oleh Kepala BWS Nusa Tenggara I, Tampang, S.ST.,MT.

Sebelumnya, selama sebulan serangkaian peringatan Hari Bakti PUPR ke 78 dilaksanakan oleh BWS Nusa Tenggara I. Diantaranya, lomba-lomba olahraga, talk show, donor darah, senam bersama, hingga penanaman pohon.

Dalam amanat Menteri PUPR,M. Basuki Hadimujono, sebagaimana dibacakan Kepala BWS Nusa Tenggara I, Tampang, S. ST.,MT mengajak seluruh keluarga besar PUPR untuk tetap melaksanakan kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo sebagai cerminan dari harapan yang besar dari masyarakat atas hadirnya infrastruktur yang berkualitas.

“Kita harus terus istikhomah dalam menjaga kepercayaan para pimpinan negara dan publik kepada Kementerian PUPR yang kita cintai ini,” pesannya.

Kinerja Kementerian PUPR sepanjang tahun 2023 ini, yang telah berhasil melaksanakan penugasan pembangunan infrastruktur antara lain :

Pertama, mendukung penyelenggaraan event-event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U- 17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja. Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pembangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga.

Ketiga, melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah). Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 40 PSN lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024.

Keempat, Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang. Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Kelima, sesuai Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3.139 km dan 2.682 meter jembatan di 33 Provinsi.

“Diharapkan semua pekerjaan dapat kita tuntaskan pada akhir 2023 dan akan kita lanjutkan di tahun berikutnya,” ujarnya.

Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas menurut Menteri, dapat terwujud karena kerja keras, kekompakan, kebersamaan dan kerjasama dari seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja PUPR.

Menyongsong tahun terakhir Kabinet Indonesia Maju, Menteri PUPR juga mengingatkan kembali pesan Presiden Jokowi dalam penyerahan DIPA 2024.

Pertama, gunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran.

Kedua, Kelola anggaran dengan penuh transparansi dan akuntabilitas, serta jangan membuka celah sedikitpun untuk korupsi.

Ketiga, percepat realisasi anggaran dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi rakyat.

“Pada tahun 2024, kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 10th  World Water Forum 2024 pada tanggal 18 hingga 24 Mei 2024 di Bali sebagai pertemuan air terbesar di dunia yang akan dihadiri lebih dari 17 ribu orang. Kita semua harus memberikan dukungan dan mengupayakan yang terbaik untuk suksesnya event penting ini yang memperlihatkan leadership Indonesia pada tataran global dalam mencari solusi berbagai isu air, serta memberi manfaat nyata untuk Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, tahun 2024 juga merupakan tahun politik yang tahapan Pemilihan Umum-nya telah dimulai tahun ini hingga akan dilaksanakan pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Tentu saja eskalasi politis akan semakin tinggi.

“Sekali lagi saya mengingatkan bagi para insan-insan keluarga Besar PUPR untuk mengedepankan netralitas, tidak ikut dalam kegiatan politik praktis. Kita harus terus melaksanakan tugas dan amanah menyelenggarakan pembangunan dan pengelolaan infrastruktur secara profesional dan loyal pada perintah pimpinan nasional,” pesannya.

Selanjutnya Menteri PUPR juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada seluruh insan PUPR atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi selama ini.

“Dengan kekompakan dan kerjasama tim, kita berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tandasnya.(bul)