Guru Pamong Prodi PPG Ummat Masuk Nominasi 5 Terbaik Nasional

0
Guru pamong PPG FKIP Ummat, Uswatun Hasanah yang terpilih menjadi nominator 5 terbaik menerima penghargaan pada puncak peringatan Hari Guru Nasional di Gelora Bung Karno (GBK). (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Salah satu bentuk rangkaian pelaksanaan Hari Guru Nasional (HGN) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek tahun 2023 yaitu lomba apresiasi guru dan tenaga kependidikan pada Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Jakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) mengutus satu orang dosen yaitu M. Anugerah Arifin, M.Pd.I., untuk kategori Pengembangan Mata Kuliah Elektif PPG dan satu orang guru pamong kategori praktik baik pendamping PPL yaitu Uswatun Hasanah, M.Pd., yang berasal dari sekolah mitra FKIP Ummat, SDN 26 Mataram.

Masing-masing kategori diikuti oleh ratusan peserta, kedua peserta utusan FKIP Ummat masuk kategori 25 peserta terbaik dan diutus ke Jakarta untuk penilaian tahap selanjutnya. Hasil penilaian tersebut kemudian diperoleh 5 nominator terbaik untuk menerima penghargaan. Berdasarkan hasil penilaian dari tim penilai, guru pamong PPG FKIP Ummat atas nama Uswatun Hasanah, M.Pd., terpilih menjadi nominator 5 terbaik.

“Saya merasa sangat berterima kasih kepada FKIP Ummat yang mengutus saya menjadi peserta,” ujar Uswatun Hasanah.

Lebih lanjut, Uswatun Hasanah menyampaikan rasa senangnya menerima penghargaan langsung dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan berupa satu unit tablet beserta piagam penghargaan dan berbagai suvenir. Baginya ini adalah momen yang sangat berharga dan tidak terduga karena sekaligus menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional di Gelora Bung Karno (GBK) yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Uswatun Hasanah mengungkapkan bahwa praktik baik yang ditampilkan saat lomba merupakan pengalaman nyata selama melakukan mentoring dalam hal perencanaan, pelakasanaan, evaluasi proses, dan refleksi PPL yang dilakukan oleh mahasiswa PPG di SDN 26 Mataram. Dari seluruh tahap mentoring, bagian yang paling sering dilakukan oleh Uswatun Hasanah yaitu kegiatan refleksi.

Kegiatan refleksi sangat berpengaruh terhadap kualitas PPL mahasiswa. Semakin sering dilakukan refleksi maka semakin meningkatkan motivasi diri mahasiswa terutama dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan mengajar di kelas.

Dekan FKIP Ummat, Dr. Muhammad Nizaar berharap ke depan praktik baik yang dilakukan Uswatun Hasanah dapat menjadi contoh bagi guru pamong lain yang mengajar di PPG. Praktik baik tersebut juga tidak menutup kemungkinan diadopsi untuk kegiatan-kegiatan pendampingan praktik mengajar bagi mahasiswa S1.

“Kami sangat bangga dengan prestasi ini,” ungkap Dr. Muhammad Nizaar, sekaligus menjadi kado istimewa FKIP Ummat di Hari Guru Nasional 2023. (ron)