Diikuti Siswa yang Terkendala, Asesmen Bakat dan Minat Tahap Akhir Digelar Pekan Ini

0

Mataram (Suara NTB) –  Asesmen Bakat dan Minat (ABM) bagi siswa kelas XII telah digelar pada Senin, 13 November 2023 sampai dengan Kamis, 16 November 2023. Namun masih ada siswa yang mengalami kendala saat pelaksanaa ABM lalu. Oleh karena itu, bagi siswa yang mengalami kendala, akan mengikuti Asesmen Bakat dan Minat Tahap Akhir yang akan dilaksanakan pada Senin, 4 Desember 2023 sampai dengan Kamis, 7 Desember 2023.

Sub Koordinator Kurikulum Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Purni Susanto pada Minggu, 3 Desember 2023 mengatakan, peserta yang dapat mengikuti pelaksanaan ABM Tahap Akhir merupakan peserta lama yang tercatat tidak ikut karena sakit/terkendala (status ujian NA). Termasuk peserta lama yang respons jawabannya tidak memadai untuk dianalisis.

“Diikuti juga peserta lama yang hasil ABM-nya bermasalah (tidak terdapat jawaban/NA). Serta siswa hasil impor yang belum/tidak diikutkan ABM oleh satuan pendidikan pada pelaksanaan utama dan penjadwalan ulang,” jelas Purni.

Peserta lama tidak perlu melakukan remedial jika hasilnya kurang memuaskan. Sementara peserta yang mengikuti ABM Tahap Akhir akan mengulangi keseluruhan tes.

Pelaksanaan ABM tahap akhir pada tanggal 4 sampai dengan 7 Desember 2023. Per hari terdapat tiga sesi, yaitu: sesi pertama pada 07.30–10.00 Wita; sesi kedua 10.30–13.00 Wita, dan sesi ketiga 13.30–16.00 Wita.

Terkait pendataan peserta, Purni menjelaskan, peserta yang masuk dalam kriteria ABM Tahap Akhir, secara otomatis terdaftar mengikuti ABM Tahap akhir. Proses penomoran peserta ABM Tahap Akhir akan dilakukan oleh sistem. Satuan pendidikan melakukan verifikasi jumlah ruang dan komputer sesuai dengan jumlah peserta untuk pengaturan sesinya.

“Satuan pendidikan mengatur sesi peserta ABM Tahap Akhir. Pengaturan sesi dapat dilakukan sampai tanggal 6 Desember 2023. Pengaturan sesi ditutup pukul 21.00 WIB pada hari sebelumnnya. Data peserta dan sesi ABM Tahap Akhir akan diambil satu hari sebelum hari pelaksanaan yang dipilih oleh satuan pendidikan. Contohnya jika pelaksanaan hari Selasa, data akan diambil pada hari Senin pukul 21.00 WIB,” jelas Purni.

Purni mengingatkan, sebelum cetak kartu peserta, siswa harus diatur sesinya. Jika terdapat peserta yang belum mendapatkan kartu peserta pada hari pelaksanaan, satuan pendidikan dapat mengatur sesi pelaksanaan pada hari berikutnya selama masih tersedia kuota sesi.

Asesmen bakat dan minat bertujuan memberikan informasi ke siswa, sekolah, ataupun orang tua mengenai potensi siswa tersebut pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur. Dengan begitu diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana. “Sehingga memberikan insight pada siswa agar dapat memprediksi kemampuannya untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau memilih bekerja pada bidang tertentu yang menjadi minat,” ujarnya. (ron)