DLHK NTB Bersama DLH Kota Bima Jadikan Kelurahan Dara Pilot Project Pengelolaan Sampah Organik

0
Kepala Dinas DLHK NTB, Julmansyah (empat dari kiri) pada acara Jumat Salam di Kelurahan Dara Kota Bima, pada Jumat, 1 Desember 2023.

Mataram (Suara NTB) – Pasar Amahami kelurahan Dara Kota Bima setiap hari menghasilkan sampah organik rata-rata 3 Dump Truk (DT) per hari, di luar sampah kaki lima. Selama ini sampah organik Pasar Amahami hanya dibuang ke Landfill TPA Oi Mboh.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) NTB, Julmansyah, cara pandang masyarakat terhadap sampah harus diubah. “Sebelumnya sampah dilihat sebagai masalah, tapi harus diubah agar melihat sampah sebagai sumber daya atau punya nilai ekonomi,” ujar Julmansyah di acara Jumat Salam di Kelurahan Dara Kota Bima, pada Jumat, 1 Desember 2023.

Kepala Dinas DLHK NTB, Julmansyah (kanan).

Di depan 17 RT dan 6 RW di Kelurahan Dara, Julmansyah menawarkan Kelurahan Dara sebagai pilot dan model pengelolaan sampah organik pertama di Kota Bima. Hal ini langsung disambut oleh Lurah Kota Bima Nurkomala di depan semua RW dan RT serta Tokoh Masyarakat Dara.

Dalam acara ini, Dinas LHK menyerahkan 25 composter kepada Lurah Dara sebagai uji coba pengelolaan sampah organik berbasis rumah tangga di Kota Bima.

Julmansyah menegaskan, inilah model praktek sirkular ekonomi berbasis sampah di Kota Bima. “Dengan upaya kecil ini mudah-mudahan bermanfaat dan menyebar ke seluruh kelurahan di Kota Bima sebagai bagian dari wujud NTB Zero Waste,” harapnya.

Di samping itu, Lurah Dara, Nurkomala juga menyambut tawaran Kepala Dinas LHK NTB untuk menginisiasi pengelolaan sampah organik dengan metode Black Soldier Fly (BSF). Apalagi Kelurahan Dara memiliki sampah pasar.

“Ke depan, Kelurahan Dara akan memiliki unit pengelolaan sampah organik maggot dengan metode BSF (black soldier fly),” ujar Nurkomala.

Bahkan, Lurah akan memberangkatkan rombongan RT/RW ke Mataram untuk belajar pengelolaan maggot. Nurkomala juga akan mendukung dan memberikan insentif untuk mendukung pengelolaan sampah organik di Kota Bima.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima, Syarief Bustaman juga mendukung kesepakatan Kelurahan Dara menjadikan sebagai model pengelolaan sampah organik. Kadis LH Kota Bima juga akan mempertimbangkan untuk memberikan satu unit kendaraan dalam mendukung Kelurahan Dara di tahun 2023 ini. (r)