Unizar Persiapkan Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja

0
Kabag Kerja Sama Unizar, Iptu Arninta Putri, dan Januari Lesmana (dari kiri ke kanan) dalam acara Program Persiapan Karier Lulusan yang diselenggarakan Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni Unizar di Gedung Teater Ahmad Firdaus Sukmono, pada Rabu, 29 November 2023. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Dalam upaya mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) menggelar program persiapan karier lulusan dan implementasi kerja sama nasional yang melibatkan berbagai pihak. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Rabu (29/11) dan Kamis, 30 November 2023 ini mengusung judul “Trik dan Tata Cara Lulus Interview HRD (Human Resource Development) dan Pembuatan CV (Curriculum Vitae) Digital.”

Kegiatan ini diadakan di Gedung Teater Ahmad Fidaus Sukmono Unizar, kerja sama ini mengintegrasikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIZAR dengan PT. Invest Island, Kuta, Lombok Tengah. Dalam rangkaian acara, MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement) dilakukan antara kedua lembaga ini, menandai kerja sama yang erat untuk mendukung persiapan karier dan implementasi kerja sama nasional.

Sementara dengan Polda NTB, Unizar telah memiliki MoU sebelumnya, sehingga acara itu merupakan implementasi dari kerja sama (Implementation Agreement/AI) tersebut.

Pada hari pertama, Rabu, 29 November 2023 memfokuskan pada materi tentang strategi dan kiat sukses dalam menghadapi proses wawancara kerja dengan HRD. Narasumber utama dari Biro SDM Polda NTB, Iptu Arninta Putri Prastyaningrum, S.Tr.K., S.I.K., dan Manager PT. Invest Island, Januari Lesmana SE., MM., membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada peserta, terdiri dari mahasiswa yang telah lulus serta mereka yang masih berada di semester 1-7 di semua fakultas di lingkungan Universitas Islam Al-Azhar.

Berbagai tokoh penting dari lingkungan Universitas Islam Al-Azhar turut serta dalam acara ini, termasuk Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor I, Dekan FEB, Kepala Biro Humas, Kerja Sama dan Alumni, Kepala Bagian Kerja Sama dan Kantor Urusan Internasional, serta Ketua Pusat Karir dan Alumni UNIZAR.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Unizar, Dr. Sri Karyati, SH., MH., menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi para lulusan. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan segera memasuki dunia kerja. Materi Trik dan Tata Cara Lulus Interview HRD yang disampaikan oleh para ahli dari Biro SDM Polda NTB dan Invest Island akan memberikan bekal yang berharga sebelum adanya penempatan kerja bagi lulusan mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar.”

Lebih lanjut, Wakil Rektor I menekankan pentingnya workshop yang diselenggarakan oleh Biro Humas, Kerjasama dan Alumni sesuai dengan kebutuhan yang dihadapi oleh mahasiswa. “Ini merupakan inovasi terbaru. Saya menyarankan agar kegiatan semacam ini dilakukan secara rutin dan salah satu output-nya dapat dijadikan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI),” ujarnya.

Dalam pemaparan materinya, Iptu Arninta, menyampaikan kepada mahasiswa yang hadir bahwa penerimaan anggota Polri tidak hanya melalui Akpol, Bintara Polri, atau Tamtama Polri.

“Penerimaan anggota Polri tidak hanya melalui Akpol, Bintara Polri, atau Tamtama Polri, tapi ada juga yang melalui SIPSS, Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana. Persyaratan umumnya adalah warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan, setia kepada NKRI, berumur paling rendah 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI,” ujar lulusan Taruna Nusantara Magelang ini.

Iptu Arninta juga menambahkan bahwa ada beberapa tahapan tes, diantaranya pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, CAT psikologi, CAT akademik, uji anthropometri, TKK SIPSS, pemeriksaan kesehatan tahap II, PMK dan tes psikologi tahap II, pemeriksaan administrasi akhir, supervisi panitia pusat, dan sidang lulus akhir.

Pemateri selanjutnya adalah Corporate HRGA Manager PMA PT. Invest Indonesia Islands area Hongkong, Bali, Lombok, Perth, Januari Lesmana, SE., MM., membeberkan pengetahuannya tentang 10 pertanyaan yang kemungkinan besar ditanyakan pada saat wawancara kerja dan cara menjawabnya.

“Ada 10 pertanyaan yang kemungkinan besar ditanyakan pada saat wawancara kerja. Kalau kalian bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik, besar peluangnya kalian diterima di tersebut. Salah satunya, ceritakan tentang diri Anda. Pertanyaan ini seringkali ditanyakan di awal wawancara. Meskipun terdengar sederhana dan mudah dijawab, pertanyaan ini sangat penting. Dari cara kalian menyampaikan profil, HRD akan mengevaluasi kepribadian, karakter, hingga pola pikir kalian. Jika kalian adalah fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, kalian bisa fokus menceritakan aktivitas sehari-hari atau pengalaman organisasi yang pernah dimiliki,” jelas Lery, sapaan akrabnya.

Lery juga memberikan tes PAPI Kostick online kepada peserta yang hadir, sehingga mereka tahu pertanyaan apa saja yang muncul dan bagaimana menjawabnya sesuai dengan karakter masing-masing. Hasilnya bisa langsung dilihat oleh seluruh peserta yang hadir ketika semua pertanyaan telah dijawab. (ron)