Olimpiade Bahasa Jerman, Siswa SMAN 3 Mataram Wakili NTB

0
Para siswa SMAN 3 Mataram yang berhasil meraih juara Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Provinsi NTB.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Siswa-siswi SMAN 3 Mataram berhasil menjuarai Olimpiade Bahasa Jerman tingkat provinsi pada pertengahan bulan November 2023 lalu. Tidak tanggung-tanggung, selain menempati posisi bergengsi 1, 2 dan 3, delapan dari sembilan siswa-siswi SMAN 3 Mataram yang berlaga masuk ke 10 besar.

Peringkat 1 dan 2 diraih oleh Arya Wirabhakti dan Kimi Qomolangma, keduanya merupakan siswa kelas XI Prima Cendekia. Keduanya akan mewakili provinsi ke tingkat nasional yang rencananya akan dilaksanakan di Jakarta.

Sementara Adelia Putri, menduduki peringkat ketiga, disusul oleh Muhammad Fadel Johar serta Robby Maris di peringkat 4 dan 5. Peringkat 6 diduduki oleh Muhammad Pasha Andilazaro, serta Ni Made Ayu Hita Areswari di posisi 7. Di posisi 9 Muhammad Billy Irhamna.

Hanya 1 siswa SMAN 3 Mataram yang tidak masuk 10 besar, karena hanya menggantikan siswa yang terkendala ikut berlaga.

Kepala SMAN 3 Mataram, Drs. H. Zumri pada Jumat, 1 Desember 2023 menjelaskan, kegiatan bergengsi ini merupakan kerja sama antara Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) dengan Goethe Institut Jerman. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan. Kompetisi ini dilaksanakan secara daring beberapa waktu yang lalu, dengan diikuti oleh 34 peserta tingkat SMA se-NTB.

Zumri menyampaikan kebanggaan atas prestasi siswanya di ajang ini. Ia menyampaikan bahwa prestasi yang diraih siswanya sangat membanggakan. Menurutnya, selain peningkatan kemampuan berbahasa Jerman, juga tentunya menambah pengalaman dalam perlombaan yang bergengsi seperti olimpiade.

“Prestasi yang mereka peroleh akan menjadi motivasi bagi yang lain untuk memanfaatkan setiap kesempatan belajar secara serius. Meski dalam banyak keterbatasan, para siswa bersama guru pembimbingnya telah menunjukkan ketekunan dan kerja keras yang membuahkan prestasi,” pungkasnya. (ron)