Lapak Pedagang di Terminal Mandalika akan Direlokasi

0
Lapak PKL di kawasan lingkar Terminal Mandalika akan direlokasi. Relokasi ini berkaitan dengan rencana revitalisasi Terminal Mandalika oleh Kementerian Perhubungan RI mulai awal tahun 2024. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram akan merelokasi pedagang di kawasan lingkar Terminal Mandalika, menyusul kebijakan pemerintah pusat akan menata terminal tipe A tersebut. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, H. Lalu Martawang, Jumat, 1 Desember 2023 menjelaskan, revitalisasi Terminal Mandalika merupakan kebijakan dari Kementerian Perhubungan yang ingin menjadikan terminal tipe A lebih representatif, nyaman, dan aman sehingga pengguna terminal yang kadang-kadang pelayanan di luar terminal secara keseluruhan bisa terintegrasi, terpadu, dan terselarasakan dengan moda transportasi yang terse

dia.

“Pemerintah ingin Terminal Mandalika ini bisa lebih representatif dan nyaman serta aman,” kata Martawang. Proses revitalisasi ini diakui berdampak terhadap keberadaan lapak pedagang di kawasan lingkar terminal tersebut. Pedagang meminta diakomodir dalam proses revitalisasi terminal dengan alasan ingin melanjutkan mencari nafkah.

Dinas Perhubungan Kota Mataram telah membangun kesepahaman dengan pedagang dan mencari solusi atas program pemerintah tersebut. Program revitalisasi Terminal Mandalika akan mulai dilaksanakan pada awal tahun 2024. “Kami sudah berkomunikasi dengan perwakilan PKL dan saling memiliki kesepahaman yang sama,” terangnya.

Martawang yang juga Asisten I Setda Kota Mataram ini tidak menyebutkan jumlah pedagang yang terdampak akibat revitalisasi terminal itu. Pihaknya telah meminta camat, lurah, dan kepala bidang pengendalian dan operasional Dinas Perhubungan Kota Mataram untuk melakukan identifikasi secara komprehensif berapa jumlah serta jenis usaha masyarakat setempat. Selain itu, pihaknya akan memastikan berapa jumlah pedagang yang menjadikan lapak sebagai tempat tinggal dan lain sebagainya.

Perihal lokasi relokasi pedagang lanjutnya, akan dikomunikasikan dengan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Wilayah NTB. Martawang menegaskan, Pemkot Mataram berharap revitalisasi terminal sebagai bagian dari layanan terminal yang sesuai standar pemenuhan kriteria sehingga angkutan transportasi menjadikan Terminal Mandalika sebagai home base bagi konektivitas kawasan di NTB. “Kita ingin semua angkutan darat bisa menjadikan Terminal Mandalika sebagai home base dan bisa saja angkutan bandara melayani di sana,” terangnya. (cem)