UNU NTB Gelar Kuliah Umum Akselerasi Sertifikasi Halal

0
Kuliah umum dengan tema Akselerasi Sertifikasi Halal untuk Ciptakan Kawasan Industri Halal di NTB di Aula UNU NTB, Kamis, 30 November 2023.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB menggelar kuliah umum dengan tema Akselerasi Sertifikasi Halal untuk Ciptakan Kawasan Industri Halal di NTB. Kuliah Umum itu disampaikan oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Dr. M. Aqil Irham di Aula UNU NTB, Kamis, 30 November 2023.

Rektor UNU NTB, Dr. Baiq Mulianah, M.Pd.I., membuka kegiata kuliah umum dengan memaparkan bagaimana UNU NTB selama hampir setahun ini berproses secara profesional dalam mendukung ekosistem halal melalui Halal Center UNU NTB.

“Semoga ini bisa menjadi jalan bagi hadirnya berkah dalam rangkaian ragam rona pengalaman berpendidikan di Kampus Peradaban Bangsa,” harapnya.

Kepala Kanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Aziz, M.H., menyampaikan dalam sambutannya UNU NTB adalah bagian dari garda terdepan dalam program jaminan produk halal di NTB ini.

Ia menambahkan jangan pernah ragu belajar di UNU NTB, spirit untuk berkarya, berkontribusi dengan membangun dan menata kehidupan ini ada di kampus ini.

Kepala BPJPH, Dr. Muhammad Aqil Irham, membuka kuliahnya dengan memberi motivasi kepada mahasiswa UNU NTB. “Jangan jadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Mahasiswa harus bisa sukses secara akademis, organisasi, dan urusan hati. Harus berani punya mimpi besar yang direncanakan dengan detail dan dikejar sampai terwujud, insya Allah alam semesta ini akan mengikuti sampai mimpi besar itu terwujud,” ujarnya.

Aqil Irham melanjutkan dengan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan BPJPH, mulai dari sejarah sampai dengan fungsi profesional secara teknis. BPJPH secara konsisten mengharuskan pelibatan akademisi melalui pelatihan, uji kompetensi serta sertifikasi untuk menjadi Auditor Halal, Penyelia Halal dan Juru Sembelih Halal.

Lebih jauh, dijelaskannya, pelibatan akademisi dalam negeri secara profesional ini adalah bagian dari proses yang tepat dalam membangun ekosistem produk halal yang lebih terjamin dan lebih baik, bukan hanya bagi pasar Indonesia, akan tetapi bagi pasar internasional.

“Di samping itu, BPJPH juga menelurkan program-program yang dirancang untuk mendukung perkembangan dan kemajuan UMKM lokal serta pengusaha kecil agar terus bisa berkompetisi secara profesional dalam peta ekonomi lokal maupun global,” pungkasnya. (ron)